Tuesday, August 5, 2014

7 Pulau Surga di Kepulauan Seribu


Alternatif pelesiran yang patut dicoba
Meskipun berada di sebelah utara Jakarta, keindahannya mampu menyamai ikon wisata yang mendunia.
Pilihan jenis liburan ke Kepulauan Seribu banyak macam dan pilihannya. Tergantung mana yang Anda inginkan!
Bicara mengenai eksotisme kepulauan di Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Tak terkecuali Jakarta, Ibu Kota negara Indonesia yang mungkin lebih dikenal dengan kepadatan dan polusinya. Nanti dulu, Jakarta rupanya tidak hanya menyimpan hiruk-pikuk kota megapolitan dengan roda bisnis dan pemerintahan yang berjalan dengan sibuknya. Lima kotamadya adalah blok super padat yang menjadi tumpuan hidup jutaan warga Jakarta. Seolah strategi alam, Jakarta mempunyai satu kotamadya administratif yang sering dilupakan. Letaknya terasing di lepas pantai utara Jakarta, Kepulauan Seribu namanya. Tentu saja, dinamakan Kepulauan Seribu bukan berarti jumlahnya seribu, melainkan karena banyak pulau-pulau besar dan kecil yang terhampar sejauh mata memandang.

Dalam area seluas 11,8 Km², terdapat 342 pulau baik yang berpenghuni maupun tidak. Di antara ratusan pulau yang tersebar, hanya 11 pulau yang menjadi denyut kehidupan di kotamadya administratif itu dan pusatnya terdapat di Pulau Pramuka. Pada era 90-an, masyarakat Jakarta mungkin lebih mengenal Pulau Bidadari sebagai objek wisata favorit saat itu. Namun sejak tahun 2005, nama Kepulauan Seribu naik daun menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Buat apa jauh-jauh menyambangi Pulau Bora-bora di French Polynesia, cukup tiga jam perjalanan berlayar melintasi teluk Jakarta akan tersingkap untaian mutiara mungil milik Jakarta...

Pulau Pramuka


Budi daya tanaman bakau dan penyu hijau yang terdapat di sisi belakang Pulau Pramuka.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Saat Anda mencari aneka paket wisata ke Kepulauan Seribu, nama Pulau Pramuka yang paling sering disebut pertama kali. Inilah pulau yang menjadi sentra pemerintahan dan pusat perekonomian di Kepulauan Seribu. Keramaian suasana perkampungan nelayan begitu terasa saat kapal yang Anda tumpangi merapat di dermaga. Begitu kapal bersandar, tengoklah air di bawah maka ragam jenis ikan dan biota laut siap menyambut Anda. Pantai di sebelah kiri dermaga Pulau Pramuka memang penangkaran hewan laut yang sengaja dilestarikan. Untuk fasilitas, Anda tak perlu risau kesulitan mencari tempat penginapan. Banyak rumah penduduk dan balai yang dapat digunakan sebagai fasilitas penginapan selama Anda mengunjungi Kepulauan Seribu. Sambil bersepeda, singgahlah ke tempat penangkaran penyu hijau di sisi pulau sebelah belakang. Soal biaya? Kocek Anda dapat bernapas lega karena paket wisata Kepulauan Seribu rata-rata berkisar Rp150.000-Rp400.000 per orang untuk satu malam.

Pulau Tidung


Jembatan kayu, di mana terdapat lokasi Jembatan Cinta yang terkenal ada di Pulau Tidung.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Pernah mendengar Jembatan Cinta? Terdengar melankolis memang, tapi inilah salah satu spot yang namanya mulai terkenal di mana-mana. Pulau Tidung adalah salah satu gugusan pulau yang terkenal sebagai tempat wisata di Kepulauan Seribu. Terbagi menjadi dua, Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil, pulau ini menjadi pulau favorit para wisatawan karena keindahan pantai yang sangat memuaskan untuk dijelajahi. Tidung Besar dan Tidung Kecil dipisahkan oleh jembatan kayu sepanjang 100 meter dan di tengahnya terdapat jembatan menanjak untuk melihat permadani laut biru di sekitarnya, inilah yang disebut Jembatan Cinta. Kehidupan masyarakat Tidung berpusat di Pulau Tidung Besar. Karena mulai ramai dikunjungi wisatawan, Pulau Tidung kini banyak menyediakan aneka fasilitas seperti penginapan atau tempat makan. Nikmati petualangan di kedua pulau ini dengan bersepeda yang disewakan penduduk sembari menikmati sunset di Jembatan Cinta atau dermaga.

Pulau Macan


Pulau Macan dan ragam fasilitas yang lebih mewah tersedia di sana.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Banyak orang menyebut pulau ini sebagai pulau bulan madu. Ada benarnya juga, karena di antara pulau-pulau yang lain, Pulau Macan memiliki ragam fasilitas yang lebih mewah untuk dinikmati. Serupa dengan Pulau Tidung, Pulau Macan terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Macan Kecil dan Macan Gundul. Ada beberapa resor mewah yang tersedia di pulau ini dengan paket pelesiran rata-rata di atas satu juta Rupiah per orang. Seperti pulau lainnya, begitu banyak aktifitas yang dapat dilakukan di Pulau Macan.

Bagi yang menyukai jenis olah raga air, terdapat fasilitas diving, snorkeling, kayaking, sampai banana boat yang akan memacu adrenalin Anda. Salah satu resor yang dapat Anda nikmati untuk pelesiran di Pulau Macan adalah Tiger Islands Village and Eco Resort. Tidak heran jika banyak turis asing yang lebih memilih berkunjung ke Pulau Macan, selain nuansa resornya yang lebih mewah, privasi pun sangat terjaga membuat pulau serasa milik pribadi.

Pulau Karya


Pemandangan matahari terbenam di Pulau Karya, Kepulauan Seribu.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Akar budaya suku Betawi yang kental dengan sentuhan etnis Tionghoa nampaknya berkaitan dengan Pulau Karya. Pada ekspedisi penelitian sejarah tahun 1973, ditemukan artefak-artefak keramik dan gerabah bertuliskan huruf Cina. Tak hanya itu, ditemukan juga bekas pemakaman yang diduga makam orang-orang Cina yang pernah singgah ke sana. Pulau Karya merupakan bagian dari kelurahan Pulau Panggang serta memiliki hamparan pantai dan pasir putih yang memanjang di sepanjang pulau. Merapat di Pulau Karya, maka Anda akan disambut perairan berwarna biru muda dilatari rimbunnya flora pantai yang menyejukkan suasana. Pulau ini terkenal sebagai titik yang disukai para wisatawan untuk snorkeling, menyelam, atau sekadar berjemur menikmati hangatnya sinar matahari.

Pulau Perak


Sebagai pulau tak berpenghuni, Pulau Perak tetap terjaga keasriannya.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Anda ingin berpetualang layaknya film Castaway dan bermain layaknya Tom Hanks dengan sebutir kelapa yang menjadi sahabatnya? Pulau Perak mungkin bisa memuaskan imajinasi Anda. Bagaimana tidak, Pulau Perak merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang tidak berpenghuni. Karena itulah keasrian pantai dan vegetasi yang hidup di sana tetap terjaga karena jarang terjamah tangan usil manusia.

Sebagai sebuah pulau, Pulau Perak tergolong cukup mini karena luasnya hanya sekitar tiga hektar. Dalam waktu singkat, pulau ini dpat dikelilingi dan Anda akan disuguhkan pemandangan laut dangkal serta pulau-pulau lain yang menjadi tetangga Pulau Perak. Biasanya, warga Kepulauan Seribu yang menjadi pemandu wisata di sana akan mengajak Anda singgah ke pulau perak untuk menikmati santap siang beralaskan pasir putih yang hangat. Masih ingin menikmati privasi lebih lama lagi? Anda dapat mendirikan tenda dan camping di sana dengan biaya Rp150.000 per malam.

Pulau Semak Daun


Aneka jenis biota laut yang dapat ditemui di titik-titik penyelaman di Pulau Semak Daun.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Pulau Semak Daun juga merupakan salah satu pulau tidak berpenghuni yang layak untuk dikunjungi. Umumnya, para wisatawan yang datang ke pulau ini lebih memilih untuk mendirikan tenda lengkap dengan peralatan memasak dan perabot yang akan menunjang kehidupan di sana. Hanya dengan membayar Rp100.000 per malam sebagai biaya kebersihan, Anda dapat melepaskan kepenatan bekerja dan bercengkerama dengan alam sepuasnya. Jika Anda ingin berganti suasana, Anda dapat mengunjungi Pulau Panggang untuk mencari makan dan berjalan-jalan. Karena jaraknya yang relatif cukup jauh dengan Teluk Jakarta, tak mengherankan jika pantai di Kepulauan Seribu tetap terjaga kebersihannya dan menjadi ladang penangkaran biota laut. Begitu juga dengan Pulau Semak Daun, dinamakan Semak Daun karena sepanjang pinggir pulaunya dipagari oleh tumbuhan bakau ntuk menahan abrasi air laut yang dapat mengikis pantai.

Pulau Sepa


Snorkeling adalah salah satu aktifitas wajib dan favorit di Pulau Sepa.
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Inilah salah satu surga snorkeling dan menyelam di Kepulauan Seribu. Selain Pulau Macan, Pulau Sepa merupakan pulau wisata yang menyediakan fasilitas lengkap untuk Anda yang menginginkan liburan di hotel berbintang. Pulau ini juga umumnya digunakan korporasi untuk karya wisata karena akses dan sarana penginapan lebih menunjang bagi keluarga di banding pulau lainnya. Sebagian wisata yang pernah berkunjung ke sana mengatakan keindahan Pulau Sepa cukup menandingi sensualitas Gili Trawangan yang telah mendunia. Begitu banyak titik selam yang ditawarkan Pulau Sepa, baik di perairan dangkal atau yang lebih dalam. Soal pantai, pasir putih dan birunya laut masih menjadi primadona lengkap dengan tenda-tenda dan dipan jika Anda ingin bersantai menghabiskan waktu di sana.

How to Get There?

Mendatangi Kepulauan Seribu dan mencicipi indahnya pantai di pulau-pulau tadi dapat dilakukan dengan berbagai cara, semuanya tergantung kocek dan konsep liburan Anda. Jika Anda ingin menikmati perjalanan dengan kenyamanan maksimal, Anda dapat menyewa yacht, speed boat, atau kapal motor yang kini banyak disewakan. Lokasi keberangkatan pun biasanya melalui dermaga Marina di kawasan Ancol atau dermaga Pantai Mutiara. Biayanya pun cukup mahal karena berkisar antara 4,5 sampai 10 juta Rupiah untuk penyewaan satu hari. Jika Anda memilih ala backpackers, Anda dapat menumpang feri dari dermaga Muara Angke dengan biaya Rp35.000 per orang sekali jalan. Jangan sampai terlambat, karena kapal ini akan berangkat tiap pukul enam pagi dan kembali ke Jakarta esok pada siang hari. Let’s enjoy Jakarta!
  


No comments:

Post a Comment