Friday, August 8, 2014

Daftar Pantai di Yogyakarta


Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berbatasan langsung dengan pantai selatan pulau Jawa atau dikenal dengan Samudra Hindia. Seperti di provinsi lain di pesisir selatan, ada banyak pantai yang menjadi tujuan tempat wisata favorit apalagi di masa liburan massal.

Selain banyaknya pantai di pesisir selatan Yogyakarta, wisata pantai tersebut memiliki cirri khas tersendiri. Beberapa diantaranya memiliki ombak besar, bibir pantai berupa karang, hingga adanya mitos penjaga pantai yang kadang meminta mangsa.

Berikut adalah daftar pantai di Yogyakarta yang layak anda kunjungi untuk sekedar mengisi liburan atau bertualang. Berurutan dari paling Barat hingga paling Timur adalah:
  1. Pantai Congot, di kabupaten Kulonprogo
  2. Pantai Glagah, di kabupaten Kulonprogo
  3. Pantai Trisik, di kabupaten Kulonprogo
  4. Pantai Pandansimo, di kabupaten Bantul
  5. Pantai Samas, di kabupaten Bantul
  6. Pantai Parang Kusumo, di kabupaten Bantul
  7. Pantai Parangtritis, di kabupaten Bantul. Terkenal dengan ombaknya yang misterius karena tak jarang dilaporkan orang hilang terbawa arus.
  8. Pantai Parang Endog, di kabupaten Gunungkidul
  9. Pantai Baron, di kabupaten Gunungkidul. Terkenal dengan ombaknya yang bersahabat. Juga terdapat Gua di sisi kanan bibir pantai.
  10. Pantai Kukup, di kabupaten Gunungkidul. Terkenal dengan ombak raksasa setinggi rumah.
  11. Pantai Krakal, di kabupaten Gunungkidul.
  12. Pantai Indrayanti, di kabupaten Gunungkidul. Dulunya konon bernama Pulang Syawal. Karena ada restoran Indrayanti yang mengelolanya, belakangan masyarakat mengenal pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Pantai tergolong bersih dibanding pantai di Yogyakarta lainnya.
  13. Pantai Sundak, di kabupaten Gunungkidul. Nama Sundak  merupakan singkatan Asu-Landak. Dalam bahasa Jawa asu berarti anjing.
  14. Pantai Wedi Ombo, di kabupaten Gunungkidul
  15. Pantai  Ngugap di kabupaten Gunungkidul
pantai di yogyakarta
Terjun Payung di Parangtritis

Jika dirasa perlu mengunjungi semua pantai itu, anda bisa menemukan penginapan semacam losmen, motel, hostel di sekitar pantai-pantai tersebut. Kalaupun tidak ada, mungkin ada warga sektiar yang menyewakan khususnya pada momen liburan panjang.

Dari sekian banyak pantai di Yogyakarta, yang sudah lama terkenal adalah Parangtritis, Parang Kusumo, Baron, Kukup, dan Krakal. Dengen berkembangnya jaman dan tuntutan wisata masyarakat, Pantai Indrayanti menjelma menjadi buah bibir tujuan wisata di Yogyakarta.


Sumber :

No comments:

Post a Comment