Saturday, January 17, 2015

Stone Garden Citatah Padalarang Kab. Bandung Barat (Geowisata Gunung Dasar Laut)


Posted on

Lagi-lagi jika membahas Kota Bandung dan sekitarnya ini tak akan ada habisnya. Sebut saja Tebing Keraton yang kini menjadi primadona wisata di Bandung atau Bukit Moko dengan hutannya yang mirip dengan hutan di Nami Island Korea Selatan. Kini Bandung memiliki primadona geowisata (wisata bumi) lainnya. Bagi pecinta fotografi mungkin tempat ini akan menjadi tujuan destinasi utama untuk kamu. Okee ini adalah cerita saya yang mudah-mudahan sudah kekinian karena telah mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu. Hahaa.. :D. Lihatlah pemandangan foto di bawah ini guys!

Like a Flinstone
Apa yang tersirat pertama kali saat melihat foto diatas? Yang saya rasakan adalah bahwa saya seperti Flinstone yang berada di kota batu dan berasa di zaman purba. Memang benar guys tempat itu adalah tempat purbakala. Tak percaya? Coba perhatikan lebih jelas batuan dalam foto diatas. Batu itu mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan batuan dengan cetakan karang, kerang laut, atau fosil tumbuhan laut, dahulu berjuta-juta tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan dan karena keadaan alam yang menjadikannya terangkat dan menjadi pegunungan yang indah saat ini. Orang-orang menyebutnya STONE GARDEN..

Stone Garden
Seperti namanya stone garden, taman ini tak dipenuhi bunga-bunga yang indah seperti mawar, tulip, bunga matahari atau bunga-bunga indah lainnya. Hamparan tanah itu diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam yang sangat keren, dan sangat cocok untuk selfie dan berfoto disini agar kekinian. Hihii

Jika kamu mengenal Flinstone atau manusia purba yang menjadi tokoh kartun yang pernah berjaya pada masanya mungkin tempat tinggalnya seperti ini, banyak taman batu yang menghiasi rumah dan pekarangannya. Ehh ngomong-ngomong tentang manusia purba di bawah stone garden ini juga terdapat fosil manusia purba, masyarakat menyebutnya manusia purba Goa Pawon. Saya sempat berpikir, mungkin saat manusia purba itu hidup sering bermain di stone garden ini kali yaa dan karena belum ada teknologi jadi dia belum bisa update kaya kita sekarang. Hahaa.. :D

Dan ini foto saya saat disana guys. Hihii.. :D
Puncak Stone Garden
Stone Garden_001
Stone Garden_002
Tak puas berfoto disana dengan gaya yang sangat amat biasa dan standar. Saya pun akhirnya berfoto dengan pose ala Syahrini yang tidur di atas bunga-bunga di salah satu gunung Italia.. *Ga mau kalah*

“Banyak batu-batu, aku ingin bobok disini. Aaaahhh I feel free..” *nyanyi ala Syahrini*
PhotoGrid_1410437976106
Lokasi atau Alamat Stone Garden
Stone garden ini terletak di puncak gunung dan tepat berada di atas Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purba. Alamat lengkapnya adalah di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab. Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Ada beberapa rute yang bisa diambil seperti dari arah Cimahi atau Kota Bandung. Jika menggunakan mobil jalur yang harus dilalui adalah melewati Tol Purbaleunyi, keluar tol Padalarang menuju arah Cianjur, setelah keluar tol arahkan kendaraan menuju kawasan Tagog Apu lalu kembali berjalan dan di sebelah kanan jalan terdapat gapura berwarna hitam menuju kawasan Goa Pawon.

Jika menggunakan kendaraan motor patokan yang paling mudah adalah Kota Baru Parahyangan, dari sana lurus terus menuju arah Cianjur sampai melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil, dari Roti Unyil tersebut kembali berjalan melewati kawasan Tagog Apu (kawasan yang berkelok-kelok dan terdapat oleh-oleh pinggir jalan). Dari kawasan Tagog Apu ini perhatikan arah kanan yang terdapat gapura berwarna hitam yang merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan Goa Pawon & Stone Garden.

Untuk mencapai lokasi ini yang harus dilakukan adalah pendakian menuju puncak, mungkin sekitar 200 M lebih dari kaki gunung menuju puncak. Karena letaknya diatas puncak disarankan dengan keadaan yang sehat atau fit, sedikit membawa perbekalan seperti makanan dan minuman. Untuk kamu yang membawa teman/pacar perempuan nampaknya harus ditanya kembali apakah ia siap untuk mendaki ke atas puncaknya, jika teman/pacar wanitamu bersedia ikut sarankan kepadanya agar tak memakai high heels atau wedges karena medan yang sulit dan menanjak akan menghambat perjalannmu. Lebih enak lagi jika perjalananmu ditemai oleh tongkat sebagai alat untuk membantu dalam berpijak.

Tak percaya bahwa Stone Garden ini berada di puncak sebuah gunung? Coba lihat saja foto di bawah ini, kamu akan melihat pemandangan dari atas gunung. Sangat indah dan wonderful. Subhanallah..

Stone Garden_003
Masih kurang percaya juga? Nih lihat foto di bawah ini saat saya masih berada di kaki gunung dan menunjuk ke arah puncak dari Stone Garden ini. Hohoo

Stone Garden_005
Ohh iyaa sedikit informasi, karena tak ada palang informasi saat melakukan pendakian saya sempat tersasar ke arah Gunung Masigit yang berada berhadapan dengan Stone Garden ini. Jadi saat melakukan pendakian teruslah mendaki hingga menemukan persimpangan ke kiri dan ke kanan. Saat menemukan persimpangan yang terdapat “saung” pilihlah jalan ke kiri menuju hutan kecil yang hijau. Ingat jangan pilih jalur kanan dengan banyak ilalalangnya..

Persimpangan
Tiket Masuk Stone Garden & Goa Pawon
Untuk dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh pemerintah Kab. Bandung pada kawasan Goa Pawon ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 5500 rupiah/orang. Dan uang parkir kendaraan motor atau mobil yang kamu pakai sebesar 2rb hingga 5rb rupiah saja. Cukup murah kan guys?

Fasilitas Stone Garden & Goa Pawon
Dan jika kamu ingin jajan, minum atau membeli snack untuk dibawa keatas Stone Garden, di kawasan ini juga ada warung kecil dengan harga yang murah. Jika kamu ingin shalat atau ke toilet ditempat ini juga tersedia mushola dengan toiletnya yang bisa kamu pakai kapanpun. Atau jika kamu ingin beristirahat, kamu bisa berisitirahat dan rehat sejenak di pendopo yang tersedia di kawasan ini.
Dan satu lagi guys, saat berkunjung ke tempat ini jangan hanya main dan berfoto di Stone Garden saja, tapi langkahkan juga kakimu ke situs Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purbanya.

Dan sedikit saran, datanglah ke tempat ini pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan momen terbaik dengan cuaca yang cerah, tak terlalu panas dan sejuk. Namun, jangan memaksakan mendaki ke puncak Stone Garden apabila mendung atau hujan telah turun. Jalan yang menanjak dan dengan tanah yang tak stabil malah akan membahayakan nyawamu.

So, tunggu apa lagi? Ayoo datang ke Stone Garden dan cobalah berfoto disana dan meng-update di sosial media milikmu agar #Kekinian. Hihii.. :D

HOT NEWS (Anti Mainstream) !!
Selain Stone Garden di Padalarang. Ada juga nih taman batu lainnya yang ga kalah keren dan wonderful yang terletak di kawasan Nagreg. Kaya gini nih fotonya!

Kendan_002
Penasaran ingin ke taman batu di kawasan Nagreg? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-y2

Happy wonderful traveling guys!
HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)
1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3
2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq
Suka sama cerita di blog ini? Beli juga yuk kaka novelnya! (Self publishing, ga ada di toko buku dan hanya via online)


 

No comments:

Post a Comment