Saturday, January 17, 2015

Jalan Jalan Ke Gua Pawon dan Stone Garden



Setelah menjelajah daerah Jonggol, kali ini kami menuju ke arah timur dari Cianjur, yaitu kedaerah Padalarang. Gua Pawon ini terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Seperti juga gua di daerah Jonggol sebelumnya, gua ini juga terbentuk di perbukitan kapur, sehingga termasuk sebagai gua tipe karst. Perjalanan menuju gua ini cukup mudah, dengan jalan yang baik karena gua ini sudah dijadikan tujuan wisata oleh Pemerintah Kab. Bandung Barat.

Dibeberapa bagian gua ini banyak terdapat kelelawar sehingga terdapat juga bau khas dari guano. Beruntung, gua ini memiliki banyak lubang udara, bahkan dibagian tengah dan belakang gua ini terdapat tebing yang cukup dalam. Didalam gua ini juga terdapat fosil manusia purba, yang dipercaya sebagai nenek moyang suku Sunda yang mendiami Propinsi Jawa Barat sekarang ini.

Fosil Manusia Purba ( yang di belakang :) )

Dibagian lain dari bukit gua Pawon ini, tepatnya dibagian atas gua terdapat juga tempat wisata lain yang berupa taman batu atau lebih populer disebut Stone Garden. Untuk menuju taman batu ini membutuhkan tenaga yang besar karena dalam perjalanan kesana kita harus menaiki bukit dengan kemiringan yang curam, tetapi semua itu akan terbayar dengan pemandangan indah yang ada di taman batu tersebut.
Stone Garden

Di gua ini, kami juga menemukan banyak sekali coretan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Sungguh disayangkan, tempat yang indah tersebut dikotori oleh perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Bukit tempat gua ini berada menurut kami juga perlu dijaga kelestariannya, karena disekitar bukit tersebut terdapat banyak sekali pabrik pengolahan batu kapur dan batu marmer. Semoga dengan ini, Pemerintah dan warga serta pengunjung gua Pawon ini dapat tertus menjaga kelestarian alam di negeri kita tercinta.
 
 
Foto foto dokumentasi;
Team in Action

 Pepohonan di area gua


Mark 4: 8                                        Pose Photographer

Keindahan Stone Garden


 

No comments:

Post a Comment