Wednesday, August 28, 2013



Kuil misterius di atap apartemen (China Daily/ Oddity Central)


Sampai saat ini belum diketahui pemilik kuil tersebut (Oddity Central)


Shenzen - Beberapa waktu lalu traveler sempat dikejutkan dengan adanya 'panorama' baru di Beijing, yakni vila gunung di atas gedung. Kota Shenzen rupanya punya pemandangan yang sama, kali ini berupa kuil tradisional di atas apartemen.

Vila gunung yang dibangun di atas apartemen di Beijing, China, baru-baru ini membuahkan kontroversi. Pembangunan vila itu disebut ilegal karena berisiko terhadap struktur bangunan apartemen.

Rupanya, Beijing bukan satu-satunya kota yang punya 'pemandangan' unik seperti ini. Di Kota Shenzen, Provinsi Guangdong, ada satu apartemen tinggi yang di atasnya terdapat kuil megah.

Dilansir dari Oddity Central, Senin (26/8/2013), kuil ini pertama ditemukan oleh seorang blogger. Tak lama kemudian, beberapa media massa di China pun memberitakannya. Anehnya, tak ada yang tahu kuil ini milik siapa.

Terletak di atas apartemen 21 lantai di Distrik Nanfang, kuil ini tampak benar-benar tradisional. Warna dan ornamen khas China mendominasi bangunannya. Di sekeliling kuil terdapat pepohonan yang rindang. Tapi, tak semua orang bisa masuk ke kuil ini.

Pemindai sidik jari, kamera pengawas, dan anjing galak siaga di depan pintu masuknya. Namun para penghuni apartemen mengatakan, kuil ini biasa digunakan untuk ritual keagamaan. Namun kuil ini, sama kasusnya seperti vila gunung di Beijing, disebut-sebut bangunan ilegal karena berisiko terhadap kekuatan struktur bangunan.

Turis yang traveling ke Shenzen mungkin sulit untuk melihat kuil ini. Selain letaknya di atas gedung tinggi, kuil pun tertutup pohon-pohon rindang. Tapi, jangan lewatkan pemandangan ini kalau Anda sedang melitas naik pesawat!


Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/08/26/161159/2340840/1520/unik-china-punya-kuil-megah-di-atas-apartemen

No comments:

Post a Comment