Wednesday, August 28, 2013



Ini dia Kuil Shakaden Reiyukai di Tokyo (www.lonelyplanet.com)


Kuil yang punya arsitektur yang unik (www.atlasobscura.com)


Tokyo - Ada satu pemandangan unik di Tokyo. Di sana terdapat suatu bangunan berbentuk segitiga yang besar dan berwarna hitam. Kalau dilihat sekilas, mungkin Anda seperti melihat kapal luar angkasa. Inilah Kuil Shakaden Reiyukai!

Sebagai pusat pemerintahan Jepang, Tokyo punya banyak destinasi dan hal-hal unik yang bisa turis lihat. Yang bakal membuat Anda tercengang, adalah Kuil Shakaden Reiyukai yang punya arsitektur yang beda dengan kuil-kuil pada umumnya.

Ditengok dari situs Reiyukai India, Selasa (27/8/2013), Kuil Shakaden Reiyukai terletak di Azabudai, Tokyo. Kuil ini selesai dibangun pada 9 November 1975. Bangunannya yang unik, menjadi ciri khas Kuil Shakaden Reiyukai dan menyita perhatian turis.

Reiyukai sendiri bukanlah satu agama, melainkan salah satu ajaran dari filosofi Buddha. Reiyukai adalah ajaran untuk berbuat baik kepada manusia dengan cara saling membantu dan gotong royong. Reiyukai juga mengajarkan manusia untuk belajar dari pengalaman dan ilmu pengetahuan, itu semua bertujuan untuk menjadi manusia yang baik.

Bicara soal bangunan, Kuil Shakaden Reiyukai berbentuk seperti segitiga dengan warna hitam. Kuil ini mempunyai ruangan utama sebagai pusat tempat sosialisasi penganut filosofi Reiyukai dan boleh didatangi oleh turis. Ruangan besar tersebut buka setiap hari.

Selain itu, Kuil Shakaden Reiyukai juga mempunyai satu balai pertemuan kecil, sembilan ruang konferensi, kafetaria, toko buku, tempat pembibitan, dan pusat kesehatan. Fasilitas ini digunakan untuk kegiatan mulai dari kelompok belajar untuk kelas kaligrafi Jepang.

Kuil ini juga mempunyai balai pertemuan Reiyukai, ruang di mana masing-masing cabang utama menyelenggarakan pertemuan tahunan. Tak hanya itu, Kuil Shakaden Reiyukai juga punya balai pertunjukan atau yang disebut Plaza. Inilah tempat diselenggarakan berbagai festival, konser, atau pertunujukan budaya di Tokyo. Balai pertunjukannya mampu menampung hingga 1.000 orang.

Ternyata, Kuil Shakaden Reiyukai juga punya cadangan 400 ton air. Cadangan air tersebut bisa digunakan oleh pemadam kebakaran Tokyo jika ada kebakaran di sekitar kuil.

Daya tarik dari Kuil Shakaden Reiyukai terletak pada bangunannya. Apalagi jika Anda melihatnya dari atas, Kuil Shakaden sangat berbeda dengan bangunan gedung-gedung pencakar langit disekelilingnya.

Saat melihatnya dari dekat, mungkin Anda menganggapnya pesawat luar angkasa yang mendarat. Tapi dibalik itu, Kuil Shakaden Reiyukai adalah tempat yang tak boleh Anda lewatkan saat melancong ke Tokyo.



Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/08/27/124848/2341737/1520/kapal-luar-angkasa-bukan-ini-kuil-di-jepang

No comments:

Post a Comment