Saturday, March 16, 2013

Destinasi Terbaik di Dunia Untuk Solo Traveling

Bangkok - Keamanan dan kenyaman, menjadi modal untuk destinasi yang diincar pelancong. Apalagi untuk mereka yang suka solo traveling. Jangan khawatir, ada destinasi terbaik di dunia untuk solo traveling. Apa saja?

Tak perlu khawatir untuk traveling sendirian. Tidak semua destinasi menyulitkan, masih ada destinasi-destinasi yang aman dan nyaman untuk para solo traveler. Seperti dihimpun detikTravel, Rabu (26/2/2013), berikut ini adalah 10 destinasi terbaik di dunia untuk solo traveling:

1. Thailand

Selain dekat dengan Indonesia, Thailand juga menjadi salah satu destinasi terbaik untuk solo traveling. Thailand mampu menarik perhatian traveler dengan keindahan panorama, keramahan penduduk, dan biaya traveling yang murah.

"Thailand sudah terintegrasi dengan traveler. Bahkan biaya wisatanya pun tidak dibedakan antara wisatawan asing dan lokal. Jadi, sangat murah," kata traveler Gol A Gong, kepada detikTravel (25/2).

Gol A Gong juga menambahkan, pemandangan di utara Thailand, seperti Chiangmai juga sangat indah. Suasananya seperti di Wonosobo, Jawa Tengah. Alat transportasi di Thailand, seperti kereta juga sudah bagus. Sedangkan di Kota Bangkok, traveler bisa memuaskan hasrat berbelanja.
 
img
Kuil Wat Arun di tepi Sungai Chao Phraya (Egir/detikTravel)

2. Kepulauan Karibia

Kepulauan Karibia menjadi surga untuk pecinta pantai. Salah satu pulaunya, Lesser Antilles di Anguilla adalah 'surga' untuk wisatawan yang ingin menyendiri. Dengan berbagai macam fasilitas dan pasir putih terbaik di dunia, destinasi ini mampu menyempurnakan solo traveling Anda.

Tak hanya Pulau Lesser Antiles, solo traveler juga akan mendapat kemudahan saat berkunjung ke Turks dan Caicos. Bahkan Hotel Turkoise yang ada di daerah tersebut menawarkan potongan harga sampai 50 persen untuk solo traveler. Destinasi yang wajib traveler datangi adalah Grace Bay, ini menjadi salah satu pantai terbaik di Karibia.

3. Amerika Serikat

Kota-kota di Amerika Serikat adalah destinasi terbaik untuk solo traveling, terutama pemula. Banyak kota di AS yang dilengkapi dengan penunjuk jalan dan penjelasan jalur angkutan umum. Selain itu, Negara Adidaya ini juga menawarkan hostel dan akomodasi murah lainnya.

Bila hobi bermain ski, traveler bisa mengunjungi Hollywood of the Rockies di Aspen, Colorado. Kota ini menyediakan beberapa fasilitas untuk traveler yang datang seorang sendiri. Nah, jika Anda pecinta golf dan datang sendirian ke AS, silakan pergi ke Naples di Florida.

Mau suasana yang lebih tenang? Anda bisa menenangkan diri dengan menikmati spa di Santa Monica. Di kota ini, traveler juga bisa menikmati ketenangan pribadi dengan pijat, facial, manicure-pedicure, yoga, atau kelas toning.

4. China

Negara China, menjadi salah satu destinasi terbaik untuk solo traveling di Asia Tenggara. Dilansir dari situs NBC News, negara ini sangat cocok untuk traveler yang senang dengan kebudayaan. Traveler bisa mengikuti paket perjalanan yang ditujukan untuk single traveler, dari Shanghai ke Beijing.

Traveler bisa menikmati liburan pribadinya dengan ikut berpesta di Shanghai. Selain itu, traveler juga bisa lebih mengenal agama dan kehidupan penganut Buddha bersama Shaolin, jalan-jalan di situs kuno Xi'an Terracotta Warriors, sampai ke Forbidden City atau Kota Terlarang di Beijing. Siapa tahu, saat mengunjungi pasar malam Anda bisa berkenalan dengan teman baru dari negara berbeda.
 
img
Temple of Heaven: Kuil cantik nan memesona (Nitha Ismail/d'Traveler)

5. Costa Rica

Ingin mendapatkan lebih dari sekadar pantai, solo traveler khususnya pecinta alam bisa memilih Costa Rica sebagai destinasi tujuan. Di negara tersebut, traveler bisa merasakan serunya bertualang menantang ombak, hutan hujan yang lebat, berkanopi ria di Monteverde, serta melihat gunung berapi yang paling aktif di Costa Rica, Volcano Arenal.

Bahkan, ada paket perjalan khusus untuk solo traveler yang ditawarkan oleh O Solo Mio Tours. Jiwa petualang para traveler akan dimulai dengan perjalanan malam melalui hutan. Dalam perjalanan ini, Anda akan bertemu dengan solo traveler lainnya yang berasal dari berbagai belahan dunia.

6. Italia

Beda negara, beda juga kesenangan yang ditawarkan untuk para solo traveler. Salah satu kota di Italia, Tuscany menjadi daerah seru untuk trekking. Traveler akan diajak melewati perkebunan anggur, lereng bukit dan desa-desa tua.

Salah satu operator perjalanan yang terkenal di Tuscany, Backroads menawarkan tur selama 6 hari khusus untuk solo traveler. Dalam tur tersebut, traveler akan diajak menjelajah jalan setapak di utara Siena dan mengenal sejarah tentang kota-kota di perbukitan Chianti. Puas menjelajah, traveler akan disuguhi dengan wine-nya yang terkenal dan makanan tradisional khas Tuscany.

7. Australia

Diintip dari Smarter Travel, Australia juga menarik untuk solo traveler. Di Negeri Kanguru ini, traveler akan bertemu dengan solo traveler yang berasal dari berbagai belahan dunia. Keuntungan berlibur di negara ini karena banyak hotel murah yang tersedia untuk wisatawannya.

Saat berlibur sendiri ke Australia, wisatawan wajib pergi ke Great Barrier Reef. Di destinasi ini, traveler bisa menikmati ketenangan pribadi ketika menyelam. Saat menyelam, traveler akan disuguhkan ragam keindahan bawah laut, sekitar 400 terumbu karang, 1.500 spesies ikan, kura-kura, dan dugong.

8. Zambia

Traveling sendirian, sambil menikmati kehidupan liar Afrika, tentu menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Zambia menjadi negara yang seru untuk solo traveling. Tak perlu khawatir, bila Anda liburan sendiri ke Zambia. Ada banyak operator perjalan yang menyediakan perjalanan untuk solo traveler.

Mereka pun akan menawarkan perjalanan safari lengkap dengan akomodasi, tiket pesawat, asuransi perjalanan, kemah, atau penginapan mewah. Semuanya bisa diatur sesuai dengan keinginan traveler. Salah satu operator perjalanan, Wilderness Safaris, menawarkan 10 hari perjalanan dengan melewati jalur migrasi gajah dan zebra yang melalui Botswana dan Zambia.

9. Meksiko

Meski belakangan ini banyak berita kurang sedap, Meksiko tetap menjadi negara terbaik untuk solo traveler. Ya, alasannya karena Meksiko memiliki beberapa kota yang terkenal dengan sekolah seni dan bahasa. Salah satu kota favorit untuk solo traveler adalah San Miguel de Allende.

Selain itu, biaya akomodasi untuk traveler di Meksiko sangat terjangkau. Traveler bisa memilih hotel sampai homestay. Homestay pun menjadi pilihan tepat untuk solo traveler karena harga per kamarnya yang lebih murah ketimbang hotel.

10. Selandia Baru

Semua traveler pasti akan jatuh cinta dengan panorama alam Selandia Baru. Suasananya yang indah, bersih, dan ramah membuat traveler dunia terutama traveler wanita yang pergi sendiri, merasa aman dan nyaman berlibur di negara ini.

Selandia Baru memiliki lebih dari 350 hostel untuk wisatawan. Penginapan di destinasi ini pun tergolong murah. Meski murah, biasanya penginapan yang ditawarkan sudah termasuk dapur dan wifi. Bila ingin berbaur dengan alam, traveler bisa memilih berkemah. Bahkan cara ini akan mempertemukan Anda pada teman baru sesama traveler.

Untuk transportasi, bus hop on hop off yang tersedia, sudah terhubung ke beberapa destinasi populer di Selandia Baru. Jadi, ini sangat mempermudah perjalanan wisatawan, khususnya solo traveler.

img
Farah Quinn saat berlibur di Selandia Baru (Auckland Airport)


Source : http://travel.detik.com/read/2013/02/27/094614/2180740/1383/destinasi-terbaik-di-dunia-untuk-solo-traveling?v771108bcj

No comments:

Post a Comment