Friday, August 16, 2013

Pulau Gosong, Pesona Lain di Pulau Karimunjawa

           
Bagai berdiri di atas laut (adajeparatours.blogspot.com)
Bagai berdiri di atas laut (adajeparatours.blogspot.com)

Pulau Gosong (Heti Keynald - d'Traveler) 
Pulau Gosong (Heti Keynald - d'Traveler)

 Bagi Anda yang pernah ke Pulau Karimunjawa, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Pulau Gosong. Pulau yang penuh dengan pasir putih ini belakangan menjadi primadona baru di Karimunjawa.
Pulau Gosong berada di sebelah timur Pulau Karimunjawa. Daerah ini sebenarnya tidak terlihat seperti pulau pada umumnya. Pulau yang hanya berukuran kurang lebih sekitar 5x8 meter ini hanya memiliki pasir putih dan tidak terdapat pohon atau tumbuhan lainnya.

Walaupun berupa pulau kosong, tapi pemandangan di pulau ini mampu menarik banyak wisatawan untuk datang. Para pengunjung Pulau Karimunjawa biasanya singgah di pulau ini saat menuju Pulau Tengah. Hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh air laut yang jernih mampu melahirkan pemandangan yang sangat cantik. Anda akan terlihat seperti berdiri di atas air laut.

Jika yang ingin mengunjungi Pulau Gosong, Anda bisa melakukan perjalanan dari Jepara, Jawa Tengah. Sayangnya belum ada kapal dengan rute khusus menuju pulau ini. Akan tetapi, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan harga Rp 750.000 untuk sepuluh orang.

Ketika sampai, Anda harus mengikatkan perahu di karang karena tidak adanya dermaga untuk memarkirkan perahu tersebut. Siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap sudut pulau yang cantik ini. Di sini, Anda bisa bersantai seharian dan berjemur di bawah teriknya matahari.
Bila perlu, bawalah kamera bawah air untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Di sekitar Pulau Gosong memang terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang masih perawan. Karang-karang yang indah menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil menjadi momen yang sulit untuk ditinggalkan.

Bagi yang sedang bermalam di Pulau Karimunjawa, datanglah ke Pulau Gosong sebelum matahari terbit. Selain air sedang surut, saat itulah pemandangan sunrise akan terlihat sangat indah. Buritan cahaya kuning keemasan sangat cantik menghiasi laut dari kejauhan.


 Sumber :  http://travel.detik.com/read/2012/05/28/135046/1926383/1025/2/pulau-gosong-pesona-lain-di-pulau-karimunjawa#topart
Oleh: Dicky Ardian - detikTravel
Senin, 28/05/2012 15:35:00 WIB

No comments:

Post a Comment