Thursday, April 28, 2016

Rahasia kebahagiaan adalah mampu berkecukupan hati pada saat ini.
Mengerjakan sesuatu tidaklah berat, namun terus memikirkannya itu yang memberatkan suatu pekerjaan. Terkadang kita tidak bahagia dikarenakan berpikir terlalu banyak (thinking to much).

Tak perlu takut salah dalam mengambil keputusan, karena yang perlu diperhatikan juga adalah setelah keputusan itu diambil. Jika Anda memilih kiri, jalani dan jadikan itu bermanfaat dan sukses. Jika Anda pilih kanan, jalani dan jadikan itu bermanfaat dan sukses. Take action.

Jika kita bahagia, kita lebih berenergi dan sehat.

Apa arti 'penjara'? Terkadang kita memenjarakan diri kita sendiri. Segala hal yang tidak kita sukai adalah penjara. Contohnya. Seorang istri yang tidak menyukai suaminya. Maka, pernikahan jadi sebuah penjara. Suatu pekerjaan yang tidak kita sukai, maka pekerjaan itu adalah penjara bagi kita. Kemudian, tubuh ini menua dan sakit, kita tidak menyukainya, maka tubuh jadi suatu penjara. Perhatikanlah bahwa hidup kita dikendalikan oleh kondisi luar. Jika kondisi luar itu tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka kita terpenjara dan menderita. Lalu, bagaimana agar kita terbebas dari penjara-penjara dalam hidup kita ini? Yaitu dengan mengubah sikap kita melalui rasa berkecukupan. Contohnya, meskipun suami seperti ini, namun ia 'cukup' baik. Melalui rasa cukup, kita berhenti mencari-cari alasan yang membuat kita tidak puas, sehingga kita pun berdamai dengan diri sendiri dan orang lain. Batin pun sejuk.

Lanjut narasumber Master Guo Jun Fa Shi. Dengan resep kebahagiaan 'ACT'
Acceptance. Mampu menerima realita apa adanya.
Contentment. Punya hati yang berkecukupan (santacitta).
Transform, kita harus bisa berubah ke arah yang baik.

Sudah tau serakah dan benci itu tidak baik, tapi tetap saja dituruti. Oleh karena itu, mulai saat ini, praktikkan jalan yang benar, transform ke arah yang positif.

Selain itu, sertakan kesabaran dan tetap tersenyum. ☺😊

Talkshow Ajahn Brahm & Guo Jun Fa Shi.
Source : dapat share dari Lily

No comments:

Post a Comment