Monday, March 30, 2015

'Investasi' Sakti MMM Untung 30%/Bulan, Sampai Kapan Bisa Bertahan?


Jakarta -Skema setor uang dan berharap diberi untung 30% muncul lagi. Mavrodi Mondial Moneybox, atau di Indonesia dikenal dengan Manusia Membantu Manusia (MMM) yang pernah kolaps akhir tahun lalu sekarang mulai mencari pemain baru.

Tidak tanggung-tanggung, MMM sampai berani beriklan di surat kabar hingga televisi. Padahal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menyatakan kalau skema permainan uang alias money game seperti ini adalah ilegal.

Kenapa ilegal? Karena tidak ada pengawasnya, dan jika terjadi sesuatu terhadap uangnya, misal tidak kembali karena sistemnya bermasalah, maka risiko ditanggung sendiri alias duit tidak kembali.

Hal ini yang persis terjadi terhadap MMM di akhir tahun lalu. Pada saat itu sudah terlalu banyak orang yang menunggu setoran (get help/GH), sementara orang yang memberi setoran (provide help/PH) makin menyusut.

Akibatnya, banyak orang yang menunggu GH merugi karena uangnya tidak kembali. Bagaimana uang bisa kembali kalau sudah tidak ada yang mau PH lagi?

Akhirnya, 'sang nabi MMM' Sergei Mavrodi membuat alasan yang tidak masuk akal, yaitu sistem MMM bermasalah dan harus diulang (restart). Menurut Mavrodi, MMM harus dimulai lagi dari awal dan yang sedang menunggu GH diharap bersabar.

Kenapa bersabar? Mavrodi harus cari orang baru dulu buat setor uang kepada para pemain lama. Nah kalau sudah begini para pemain yang duitnya hilang harus mengadu ke mana?

Menurut Perencana Keuangan Aidil Akbar, langkah MMM gencar memasang iklan adalah ingin mengembalikan kepercayaan orang terhadap MMM, terutama orang-orang yang uangnya pernah terjebak tak bisa kembali.

Sebelum kolaps tahun lalu, MMM sempat berjalan sekitar 2 tahun. Setelah itu tidak ada lagi penyetor baru dan malah banyak yang nunggu setoran, dan mau tidak mau permainan harus berhenti.

"Ini sebenarnya kalau kita perhatikan cara mainnya kan hanya pengulangan sistem yang lama. Dulu di Rusia juga pernah di-reset (diulang). Jadi bukan sesuatu yang baru," ujarnya kepada detikFinance, Senin (30/1/2015).

"Nah mereka ini lagi ingin membangun kepercayaan lagi. Bayangkan saja selama ini banyak anggota yang uangnya mandek dan ribut sana-sini di media sosial jadi masalah," ujarnya.

MMM harus punya pemain baru karena kalau tidak para pemain lama yang sudah setor uang tidak akan mendapatkan uangnya kembali.

"Para perintisnya ini yang mau membangkitkan lagi. Fenomenanya bahaya ini, mereka sampai beriklan di televisi dan di koran besar," ujarnya.

Jika MMM sebelumnya bisa berjalan hingga dua tahun, Aidil memprediksi kali ini umur MMM tidak akan selama itu. Pasalnya, dibutuhkan banyak anggota baru untuk menutupi GH para anggota lama.

"Selama ini mereka jalan enggak perlu pakai iklan. Kalau melihat sekarang sampai harus pasang iklan itu berarti mereka lagi butuh anggota banget buat nutupin duitnya, ini jadi kontraproduktif. Dari satu sisi dapat atensi publik, tapi dari sisi lain membangunkan macan tidur," jelasnya.

Investasi Sakti MMM Untung 30%/Bulan, Sampai Kapan Bisa Bertahan?

Sumber : http://finance.detik.com/read/2015/03/30/071422/2873001/5/investasi-sakti-mmm-untung-30-bulan-sampai-kapan-bisa-bertahan

No comments:

Post a Comment