Wednesday, June 4, 2014


Tidak baik pada orang lain, tidak menambahkan manfaat untuk diri sendiri, malah membawa kemalangan buat diri sendiri (对别人不好,不会给自己增加任何的好处,反而会给自己带来不幸)

Jangan membuat hati orang lain tersinggung atau sakit hanya karena kurangnya kebijaksanaan kita. Belajar tulus dan baik memberi tahu seseorang kalau kita tahu tentang kekurangan orang dengan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri.

Ketika kita menyarankan atau memberi tahu seseorang tentang sesuatu kekurangannya, dicampur dengan arogansi itulah tidak bijaksana.

Jika kita tidak mempertimbangkan harga diri orang lain, maka kata-kata sebaik apapun tidak akan membawa hasil atau tidak akan berguna.

Tidak harus kembali melihat atau membalas siapa yang menyakiti kita. Karena pembalasan tiada habisnya, hanya akan menyusahkan diri sendiri.

Hidup selalu dengan hati lapang atas celaan atau perbuatan jahat orang terhadap kita. Berbuat sesuai nurani maka hidup akan banyak temen dan rezeki.

Jahati atau iri hati pada orang lain, tidak menambah manfaat bagi diri kita sendiri. Jahati atau cemburui orang lain, tidak mustahil mengurangi prestasi diri sendiri.

Jangan menyia-nyiakan waktu untuk urusan tak berguna, bukan saja membawa beban pikiran tanpa sadari juga merusak kesehatan kita.

Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kehidupan, hendaknya kita dapat memetik pelajaran dari berbagai perubahan ini, berupaya agar segala sesuatunya dapat diselesaikan dengan sempurna. (人事多變化, 要從「多變化」中, 去自我教化, 如何人事圓融). 

There are so many changes that happen in life, we should be able to gather the lessons from these changes, try to solve everything perfectly. -Cheng Yen -


Sumber : https://www.facebook.com/KebajikanDe/photos/a.231048736958686.59709.152761311454096/719254024804819/?type=1&relevant_count=1
 

No comments:

Post a Comment