Tuesday, November 26, 2013

Penangkaran Rusa Cariu


13934049424290449

kali ini saya berkunjung ke tempat wana wisata yang terletak di daerah Cariu yaitu penangkaran rusa, tempat ini berbatasan dengan kab. bogor dan kab cianjur. jarak dari jakarta jika dihitung waktu sekitar 2 - 3 jam untuk kilometer mungkin sekitar 80 km kebetulan saya tidak memperhatikan kilometer. . nah sebagai bahan referensi wisata saya akan memberikan sedikit masukan buat pembaca kompasiana bagi yang ingin mengunjungi wanawisata ini.

untuk menuju daerah cariu anda tinggal keluar dari tol cibubur menuju cileungsi kemudian terus ke arah Jonggol dari Jonggol waktu tempuh masih sekitar 1 jam kurang hal ini dikarenakan jalan yang lumayan rusak dan banyaknya kendaraan pasir yang mengantri di tanjakan atau jalan berlubang. namun anda tidak perlu khawatir bosan dengan keadaan jalan yang rusak karena di kiri dan kanan akan terhampar sawah-sawah yang lumayan menyejukan mata.

sebelum sampai ke daerah wanawisata anda akan melalui jalan yang sedikit berkelok seperti di puncak, hanya perbedaannya tidak ada kebun teh di kiri kanan jalan. di sebelah kanan akan terlihat tebing yang lumayan menyeramkan jika longsor terjadi. dan di kiri jurang yang dalam mengarah ke kali yang sangat indah untuk diabadikan, berkelok-kelok seperti ular yang sedang menari. so sayang sekali saya tidak sempat membuat dokumentasi dari lokasi ini dikarenakan cuaca hujan lebat. hati-hati jangan sampai terlewatkan penangkaran rusanya, karena petunjuk yang ada hanya spanduk kecil dan petunjuk kecil, dan pintu masuknyapun pasturunan jadi sedikit sulit bermanuver bagi kendaraan roda empat.

memasuki ke arah area parkir jangan heran jika jalannya lumayan curam dan yang sedikit lucunya ga di aspal. sempet terpikir dalam hati “apa benar kesini lokasinya?”. namun jangan ragu anda tinggal turun terus mengikuti jalan sampai ada jalan buntu dan bertemu dengan jembatan gantung yang terbuat dari bambu. dari lokasi ini mulai terlihat aroma wisata.

13934062961359777636

setelah anda parkir anda tinggal menuju ke petugas pos dan membayar karcis sebesar Rp.8000/orang, dan anda siap untuk masuk ke area wanawisata.

pertama sekali anda harus melewati jembatan bambu yang lumayan goncangannya namun tak perlu khawatir selama sesuai aturan dipastikan aman. dan kedalaman kali di bawah tidak terdalu dalam hanya sekitar 1 meteran untuk yang terdalam. namun demikian anda harus tetap hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

setelah melewati jembatan anda dapat langsung menuju ke area penangkaran yang berjarak sekitar 500 meter , trek nya lumayan untuk merenggangkan otot kaki. sekitar lima belas menit perjalanan kita akan sampai ke area penangkaran rusa .

nah, jika anda sudah sampai penangkaran rusa silahkan membeli makanan rusa yang telah di sediakan oleh petugas berupa ubi jalar, adapun harga yang ditawarkan Rp.5000/bungkus. dengan membeli makanan ini anda bisa langsung interaksi dengan rusa-rusa yang sangat cantik dan menawan. namun hati-hati jangan mambawa kantong plastik ke area rusa karena anda akan diikuti oleh puluhan rusa. walaupun tidak galak namun cukup membuat jantung berdegub kencang. jadi saat turun anda hanya membawa umbi saja tanpa membawa kantong plastik.

13934071141787956106
lokasi area gembala rusa

1393407149646607855
beberapa rusa sedang beristirahat


 

No comments:

Post a Comment