Thursday, September 12, 2013



Taipei 101 di Taipei, Taiwan (dok. Daniel Shih/ Emporis)


Shanghai World Financial Center di Shanghai, China (dok. ThyssenKrupp Elevator AG/ Emporis)


Yokohama Landmark Tower di Yokohama, Jepang (dok. Mathias Beinling/ Emporis)


John Hancock Center di Chicago, AS (dok. Royce Douglas/ Emporis)


Taipei - Apa rasanya naik lift dengan kecepatan 60 km/jam? Ya, lift 'ferrari' dengan kecepatan itu sungguhan ada. Wisatawan bisa mencoba naik lift tercepat sedunia yakni di gedung Taipei 101, Taiwan. Siap?

Taipei 101 adalah salah satu gedung tertinggi di dunia, sekaligus ikon Taiwan dan Taipei sebagai ibukotanya. Tapi siapa sangka, di gedung ini wisatawan juga bisa merasakan naik lift tercepat di dunia.

Demikian menurut Emporis, pusat data dan informasi seputar konstruksi dan bangunan yang berbasis di Jerman. Dari rilis Emporis yang diterima detikTravel pada Jumat (25/1/2013), lift tercepat di dunia ini merupakan hasil rakitan perusahaan Jepang yakni Toshiba. Lift ini bergerak dengan kecepatan 60 km/jam, atau 1.010 meter per menit!

Lift ini beroperasi dari lantai 5 sampai lantai 89 gedung Taipei 101. Perjalanan wisatawan naik lift ini berlangsung 37 detik saja. Saat beranjak ke luar lift, Anda akan berada lantai berketinggian 382 meter di atas permukaan tanah, persis di bagian dek observasi.

Selain Taipei 101, ada beberapa bangunan di dunia yang punya lift tercepat. Posisi kedua ditempati oleh Yokohama Landmark Tower di Kota Yokohama, Jepang, dengan kecepatan 'hanya' 750 meter per menit.

Bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, berada di posisi ketiga dengan kecepatan lift 36 km/jam. Namun, Burj Khalifa tetap memiliki lift dua lantai tercepat di dunia. Wisatawan yang naik lift Burj Khalifa berarti telah menempuh jarak maksimal penggunaan lift: 504 meter sebagai perhentian lift tertinggi di dunia, dan 638 meter di puncak bangunannya.

Secara keseluruhan, kompetisi lift tercepat di dunia ini didominasi oleh kota-kota di Asia. Satu-satunya gedung yang berada di luar Asia adalah John Hancock Center, Chicago, AS. Tapi benua Asia tetap berada di posisi-posisi teratas, apalagi saat memasuki tahun 2014. Soalnya, pada 2014 nanti akan ada lift buatan Mitsubishi di Shanghai Tower, China. Dengan kecepatan 64,8 km/jam, lift di Shanghai Tower nantinya akan menggantikan posisi Taipei 101 sebagai yang tercepat di dunia.

Mulai tahun 2014, setidaknya tiga bangunan dengan lift tercepat di dunia akan berlokasi di Shanghai, China. Ada Shanghai Tower, Shanghai World Financial Center, dan Jin Mao Tower. Bagi Anda wisatawan yang suka melihat panorama kota dari ketinggian, menara-menara ini tidak boleh dilewatkan!



Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/01/25/082216/2151726/1382/wusss-lift-tercepat-di-dunia-ada-di-taiwan

No comments:

Post a Comment