Wednesday, August 21, 2013

Wah, Vietnam Punya Padang Pasir!

white sand dunes

white sand dunes yang di pinggir danau

detikTravel Community -
Padang pasir yang biasanya ada di kawasan Timur Tengah yang terik ternyata ada juga di Asia Tenggara. Traveler bisa mengecap sedikit rasa Timur Tengah di Mui Ne, Vietnam.

Perjalanan saya kali ini dari Jakarta ke Ho Chi Minh, Vietnam. Saya mencoba jalan-jalan ke Kota Mui Ne, dari Ho Chi Minh menggunakan bus sekitar 5 jam perjalanan. Setibanya di Mue Ne, banyak sekali hotel-hotel persis di pinggir pantai.

Semua tersedia lengkap, dari hostel sampai hotel berbintang. Kebetulan kami menginap di hotel bintang tiga dengan pelayanan ramah dan fasilitas yang memadai. Saat kami tiba di hotel pukul 13.00 siang waktu setempat, di sana sudah ditawarkan sewa jeep sekaligus tur keliling Mui Ne.

Tur itu ternyata tidak terlalu mahal. 1 Jeep isi 5 orang hanya dihargai 400.000 Dong atau yang seharga Rp 200.000. Perjalanan kami awali dengan melancong ke Fishing Village. Kampung ini terdiri dari rumah-rumah sederhana dengan cat rumah warna pastel khas Vietnam selatan.

Ada yang unik dari perahu nelayan yang ada di sini. Perahu yang digunakan para nelayan berbentuk mangkok bundar berdiameter 1,5 meter dan hanya menggunakan 1 dayung saja. Wow!

Perahu ini terbuat dari anyaman bambu dengan kotoran kerbau yang dikeringkan. Setelah kering, kemudian perahu ini dioles dengan getah.

Setelah puas menengok desa ini, kami melanjutkan perjalanan ke Red Sand Dunes. Ini merupakan pasir merah yang letaknya di seberang pantai. Benar-benar sangat unik, bagaimana bisa di negara tropis terdapat gurun pasir.

Selain Red Sand Dunes, kami menuju White Sand Dunes yang pinggirannya ada telaga mirip oase di gurun. Oase ini persis seperti di Timur Tengah. Di sana terdapat penyewaan ATV.

Bagi yang tidak kuat jalan menuju puncak gurun, bisa menggunakan ATV dengan harga sewa USD 10 (Rp 100.000). Karena waktu menjelang malam, kami akhiri liburan hari ini dengan makan malam di pinggir pantai seafood. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/10/23/103844/2070113/1025/2/wah-vietnam-punya-padang-pasir