Friday, September 28, 2012

6 Tempat Paling Asyik Untuk Berenang Bareng Lumba-lumba

Jakarta - Berenang dengan lumba-lumba bisa jadi kegiatan seru saat liburan. Ikan mamalia yang jago melompat ini selalu berhasil membuat siapapun yang melihatnya tersenyum. Di 6 tempat ini pelancong bisa berenang dan seru-seruan bersama lumba-lumba.

Siapa tak kenal dengan ikan lucu yang satu ini? Lumba-lumba menjadi ikan paling menggemaskan sekaligus bersahabat dengan manusia. Ikan yang pandai berakrobatik ini bisa wisatawan temukan di beberapa belahan laut di dunia.

Berikut 6 tempat paling asyik untuk berenang bersama lumba-lumba yang dihimpun detikTravel, Rabu (19/9/2012):

1. Akaroa, Selandia Baru

Selandia Baru dikenal sebagai negara yang memiliki banyak tempat asyik untuk berenang dengan lumba-lumba. Salah satu tempat yang paling populer untuk bertemu lumba-lumba adalah Akaroa. Akaroa merupakan sebuah desa di Semenanjung Banks, Canterbury di South Island, Selandia Baru.

Melansir situs All Women Stalk, desa kecil ini seringkali menjadi tujuan perjalanan jika Anda menginap di Chirstchurch. Untuk perjalanan ke Akaroa, wisatawan bisa menggunakan shuttle bus. Pelabuhan Akaroa dikenal sebagai rumah Lumba-lumba Hector's atau Cephalorhynchus hectori.

Lumba-lumba ini menjadi jenis yang jarang berkembang biak dan susah ditemukan. Oleh karena itu, desa ini menjadi tempat yang pas bila Anda ingin merasakan berenang dengan lumba-lumba langka yang menawan.

2. Grand Cayman, Cayman Islands

Grand Cayman merupakan pulau terbesar di George Town, Cayman Islands. George Town menjadi salah satu pulau dengan pantai terbaik di dunia. Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Seven Mile.

Banyak hal yang bisa wisatawan lakukan di Grand Cayman. Salah satu yang paling menarik dan terkenal adalah Stingray City. Di sini wisatawan bisa memberi makan ikan pari dan menyentuh ikan bertubuh lebar ini saat bersnorkeling.

Yang terpenting, pelancong juga bisa mendekati lumba-lumba di Grand Cayman. Lumba-lumba di perairan Grand Cayman sama ramahnya dengan ikan pari. Mereka akan mencium, memeluk, 'bernyanyi' dan menyapa setiap pengunjung yang datang untuk bermain bersamanya. Atraksi paling menarik yang jadi incaran wisatawan adalah 'tari' yang dilakukan oleh lumba-lumba di perairan Grand Cayman.

img

3. Grand Bahama, Kepulauan Bahama

Grand Bahama, menjadi pulau paling cantik di utara Kepulauan Bahama. Industri pariwisata di pulau ini menawarkan berbagai macam kegiatan untuk berenang dengan lumba-lumba.

Semua wisatawan baik yang sudah punya lisensi ataupun belum, tetap bisa melakukan scuba diving. Selain itu, berlayar dengan kapal Sanctuary Bay ke lokasi Dolphin Experience Lagoon juga menjadi atrakasi yang paling digemari.

Di lokasi ini lumba-lumba hidung botol siap menemani Anda berenang. Para penyelam dijamin puas dan senang saat berenang bersama ikan lumba-lumba di perairan terbuka.

img

4. Teluk Kiluan, Lampung

Jangan salah, Indonesia juga punya tempat asyik untuk bertemu dan berenang bersama lumba-lumba. Tidak hanya terkenal karena wisata gajah di Way Kambas, Lampung juga punya wisata andalan, yaitu lumba-lumba di Teluk Kiluan.

Teluk Kiluan menjadi destinasi untuk melihat lumba-lumba. Wisatawan juga bisa melihat kawanan lumba-lumba liar yang lewat di sana saat jam-jam tertentu. Teluk Kiluan yang berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, menjadi habitat lumba-lumba.

Di sini wistawan bisa bertemu dan mengambil gambar lumba-lumba. Bila berani dan punya lisensi diving, Anda bisa ikut berenang dan menari bersama lumba-lumba di Teluk Kiluan.

img

5. Pantai Lovina, Bali

Selain Teluk Kiluan di Lampung, masih ada satu lagi spot untuk berenang bersama lumba-lumba di Indonesia, yaitu laut di lepas Pantai Lovina, Bali. Pantainya yang cantik sudah terkenal di mata wisatawan lokal dan mancanegara. Terlebih lagi dengan keindahan taman bawah laut Lovina yang menawan.

Akan tetapi, satu atraksi yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan adalah melihat lumba-lumba penghuni laut di Lovina. Ada sekitar 500-1.000 ekor lumba-lumba yang berkeliaran di sekitar Pantai Lovina.

Laut Lovina memang dihuni lumba-lumba lucu. Mamalia air pun tidak malu-malu untuk menunjukkan diri di depan para turis. Jika beruntung, lumba-lumba ini akan setia menemani kegiatan renang atau snorkeling Anda.

img

6. Cozumel, Meksiko

Cozumel adalah tempat paling memukau dan asyik untuk berenang dengan lumba-lumba. Pulau ini berada di perairan Karibia, selatan Meksiko.

Cozumel menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin melakukan petualangan bawah air. Babnyak wisatawan yang datang ke Cozumel untuk berenang bersama lumba-lumba. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama di sepanjang garis pantainya nan indah.

Inilah tempat-tempat paling asyik untuk berenang bersama lumba-lumba. Termasuk pecinta lumba-lumba dan memiliki budget traveling yang banyak, Anda bisa memilih salah satu dari destinasi ini.


Sumber :  http://travel.detik.com/read/2012/09/19/134857/2025910/1383/6-tempat-paling-asyik-untuk-berenang-bareng-lumba-lumba?v771108bcj
 Oleh: Desi Puspasari - detikTravel
Rabu, 19/09/2012 13:48 WIB

No comments:

Post a Comment