Tuesday, September 13, 2011

KALUNG MATHILDA ( GUY DE MAUPASSANT )

Mathilda yang terlahir cantik jelita, memimpikan seorang suami kaya raya agar bisa hidup bergelimang harta. Namun , agaknya takdir salah menentukan masa depannya ia mendapatkan suami yang hanya pas-pasan dan berkecukupan tapi penyabar dan penyayang. Mathilda selalu mengeluh rumahku tak seharusnya begini, kursiku tak seharusnya begini....ahhhh, tirai ini buruk sekali selalu ada saja yang tidak puas di hati Mathilda .

Suatu hari suaminya melihat istrinya yang tak pernah keluar rumah mengusulkan kepada istrinya ,
Sudah lama kamu tak mengunjungi teman-temanmu....temuilah mereka sekali-kali, namun Mathilda menjawab dengan ketus , "Ngapain?? Mereka semuakan orang kaya !! ketemu mereka bikin aku makin sedih saja."
Kebetulan Suami Mathilda ingin menunjukkan sesuatu buat istrinya  sambil berkata ," Aku punya sesuatu untukmu !"
Mathilda : Apakah itu cek?? Kamu naik pangkat ?? Di Kementerian 18 januari senin ........
Suami  : Bagaimana?? kamu senangkan??
Mathilda : Buat apa undangan ini??
Suami : Kukira kamu pasti akan senang, kamu kan tak pernah keluar rumah. Ini acara penting, banyak orang penting disana. Aku sudah susah payah mendapatkan undangan ini.....
Mathilda : Lalu aku harus pakai baju apa ke acara sepenting itu ??
Suami : Baju yang kamu pakai ke opera itukan bagus. Bagiku sih bagus...........
Mathilda : Sambil sedih dan berkata akukan tak punya pakaian yang pantas. Berikan saja undangan itu untuk orang yang lebih pantas !!!
Suami : Begini saja.... berapa harga satu gaun pesta yang paling sederhana???
Mathilda : Entahlah,mungkin 400 franc.......
Suami : Baiklah, aku akan memberimu 400 franc, carilah gaun yang terbaik !!

Setelah membeli gaun yang sangat sederhana 3 hari kemudian wajah Mathilda kembali muram.
Suami : Ada apa denganmu?? 3 hari ini kamu terlihat aneh .
Mathilda : Aku kan tak punya perhiasan, pasti aku tak dipandang. Lebih baik aku tak pergi ke pesta itu .Suami : Pakai bunga saja!! Dengan 10 franc bisa dapat 3 bunga kan ........
Mathilda : Tidak !! Aku akan kelihatan miskin .
Suami : Kalau begitu pinjam saja pada Madame Forestier.....(teman Mathilda yang lumayan kaya).

Mathilda mulai menceritakan kesedihannya serta mengungkapkan niatnya untuk meminjam perhiasan pada Madame Forestier. Lalu Madame Forestier mengizinkan Mathilda memilih salah satu kalung perhiasan yang di sukai Mathilda dan meminjamkannya untuk dipakai ke pesta itu.
Ditambah kecantikan alami Mathilda menjadi primadona malam itu . Malam itu adalah  malam yang tak pernah terlupakan seumur hidupnya.....dan ketika pesta usai  mereka harus kembali ke realita ....

Mathilda: Cepat!! sebelum mereka melihat keadaan asliku ..... setelah sampai dirumah Mathilda masih saja membayangkan hal2 yang baru saja terjadi tadi sambil berkata kepada suaminya betapa cantiknya aku tadi ....diantara senangnya dia ingin membuka perhiasan yang dipinjam itu begitu Mathilda ingin membuka ternyata perhiasan tersebut telah hilang betapa terkejutnya Mathilda dan sang suami....
Mathilda : Bagaimana ini.......
Suami : Aku akan cari di jalan tempat kita lewat tadi....namun yang dicari tidak ditemui

Akhirnya sang suami mengusulkan agar Mathilda menulis surat ke Madame untuk mengatakan padanya kalung itu rusak dan sedang di perbaiki , supaya kita ada waktu mencarinya.
Suami : Kita harus cari cara mengganti kalung itu....dalam beberapa hari Mathilda dan suaminya berusaha mencari perhiasan yang menyerupai  perhiasan Madame dan akhirnya ketemu .
Suami : Berapa harga perhiasan ini ??
Pemilik toko : 40.000franc, tapi untuk anda 38.000 franc saja...
suami : 36.000 franc saja ya, 3 hari lagi saya ambil....
akhirnya perhiasan tersbt di beli dgn harga 36.000 franc dan kemudian dikembalikan kepada Madame
Madame : Harusnya kamu cepat kembalikan saya juga mau pakai .
Mathilda : Terima kasih atas bantuanmu.

Dengan terbelinya kalung perhiasan tersebut suami Mathilda dan Mathilda harus bekerja keras untuk membayar hutang-hutang mereka .....Siang malam mereka bekerja keras selama 10 tahun dan akhirnya semua hutang mereka lunas .

Di suatu taman selama 10 tahun Mathilda bertemu dengan Madame.
Mathilda : Selamat pagi, Madame Forestier....
Madame : Mungkin anda salah orang....
Mathilda : Ini aku Mathilda
Madame : Astaga,Mathilda !! Anda berubah sekali! kurus dan wajah yang begitu kusut saya hampir tidak mengenali anda jika tidak menyapa tadi .
Mathilda : Banyak kemalangan yang terjadi pada saya karena anda !!
Madame: Karena aku ???? Bagaimana mungkin ??
Mathilda : Anda ingat kalung yang pernah anda pinjamkan pada saya ? Saya menghilangkannya......
Madame : Tapi kamu mengembalikannya??
Mathilda : Saya membeli yang persis sama dengan itu,tapi saya tak punya uang,butuh 10 tahun untuk membayar semua hutang saya demi kalung itu....
Madame: Kamu membeli kalung permata untuk menggantikannya??
Mathilda : Tentu saja....
Madame : Ohhh.......Mathilda sayang.....Kalungku itu kan imitasi cuma 500 franc !!!


" RAIHLAH APA YANG PANTAS DAN SEMESTINYA DIPEROLEH SESUAI KEMAMPUAN NAMUN JANGAN MENGEJAR SESUATU YANG TIDAK LAYAK DAN DI LUAR BATAS KEMAMPUAN DIRI KITA "

1 comment: