Monday, May 19, 2014


Pemahaman Dan Sifat Baik Harus Berjalan Selaras

Jangan pernah menggunakan kata-kata kasar maupun kejam ketika Anda mengungkapkan pemikiran Anda atas suatu hal.
Diplomasi, kelembutan dan kesopanan tidak akan menyakiti siapa pun. Akan membukakan banyak kesempatan untuk meringankan situasi.

Jangan membela diri kala kesalahan Anda dikemukakan.
Kesalahan Anda merupakan pertanda untuk belajar kesempurnaan. Kemarahan adalah samaran lemah atas kekurangan.

Ketika seseorang kehilangan kesabarannya, dia akan mengatakan hal-hal yang seharusnya tidak ia katakan. Jangan pernah ungkapkan rahasia pribadi mantan teman semarah apa pun Anda terhadapnya.

Anda hanya akan merendahkan diri saja karenanya dan orang lain tidak akan bisa menganggap Anda sebagai teman sejati sesudahnya. Orang lain akan menganggap Anda dapat melakukan hal yang sama sebagaimana Anda menyakiti mantan teman Anda. Tidak akan ada orang yang mempercayai Anda.

Ada banyak cara untuk memperbaiki orang kala ia salah.
Dengan mengkritiknya atau menuduhnya di depan umum, Anda akan mempermalukannya dan tidak memperbaikinya. Kritik tentunya akan menambah musuh.

Jika Anda dapat menunjukkan kepedulian Anda terhadap kepentingan orang lain dengan kata-kata ramah, dia akan berterima kasih pada Anda suatu hari nanti.

Kebijaksanaan bukan pengetahuan.
Kita memperoleh pengetahuan setelah mendengarkan, membaca dan mengamati banyak hal di dunia ini, tapi ini bukan kebijaksanaan yang sesungguhnya.

Kebijaksanaan hanya timbul dalam pikiran saat gangguan, hambatan dan kekotoran mental lainnya tidak lagi aktif dalam pikiran.

Banyak cendekiawan di dunia yang tidak diragukan lagi memiliki pengetahuan yang mengesankan tapi sayangnya tidak diimbangi dengan kebijaksanaan yang benar.

Banyak orang yang pintar namun kelakuannya tidak masuk akal, sebagian orang mudah marah, egois, emosional, cemburu, serakah dan bertemperamen menyeramkan.
Kepandaian lebih licik dibandingkan dengan kebijaksanaan.

Di sisi lain, terdapat orang-orang yang sangat baik hati dan walaupun mereka memiliki kesabaran, toleransi dan sifat baik lainnya, kebijaksanaan mereka sangat rendah di mana mereka mudah disesatkan oleh orang lain.

Jika kita mengembangkan kemurahan hati kita tanpa pemahaman yang benar, kita bisa mendapatkan masalah karena orang-orang tertentu dapat mengambil keuntungan dari kita.
Pemahaman dan sifat baik harus berjalan selaras._/|\_



Sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=653109421410357&set=a.174045885983382.58949.100001339163748&type=1
 

No comments:

Post a Comment