Friday, September 13, 2013

Unik! Rumah Ini Terbuat dari Porselen



Yuebao House (Oddity Central)


Bangunan dengan nilai seni tinggi (Oddity Central)


Tembok dipenuhi dengan guci antik (Oddity Central)


Ornamen khas Cina (Oddity Central)


Langit-langit juga diselimuti aneka jenis porselen (Oddity Central)


Jakarta - Ada yang unik di Tianjin, Cina, yaitu sebuah bangunan nan unik yang terbuat dari aneka jenis porselen, namanya Yuebao House. Dinding dari guci dan langit-langit terhias piring dari keramik membuat wisawatan pasti terarik.

Adalah Zhang Lianzhi (50) sang kolektor porselen yang menghabiskan empat tahun untuk mendekorasi sebuah rumah tua di Tianjin, Cina. Dari luar, rumah ini tampak unik dengan dinding yang dipenuhi oleh berbagai macam fragmen berbahan dasar porselen.

Awalnya, rumah tua yang dikenal dengan nama Yuebao House ini adalah sebuah rumah dari seorang menteri keuangan di Cina yang kemudian disulap menjadi bank. Setelah bank tersebut pindah lokasinya, bertahun-tahun gedung ini kosong dan tak terawat. Kemudian Zhang membelinya dengan harga USD 160 ribu atau sekitar Rp 1.5 milyar.

Harga semahal itu untuk sebuah bangunan tua tentu tidak akan disia-siakan oleh Zhang. Ide kreatifnya menyulap bangunan usang tersebut menjadi sebuah gedung unik yang memiliki nilai seni tinggi.

Mengutip dari situs Oddity Central, Rabu (4/7/2012), Zhang kabarnya telah menghabiskan dana sebesar USD 315 juta atau sekitar Rp 2 trilyun. Bangunan dengan luas 3.000 meter persegi ini dihiasi 400 juta keping porselen kuno, 16 ribu keping barang pecah belah, 300 marmer putih, dan 20 ton kristal alami. Wow!

Bangunan ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2007 lalu dan sukses menarik jutaan wisatawan. Selain berbahan dasar unik, Zhang mendesain bangunan ini dengan ornamen-ornamen khas Cina. Dari luar bangunan, terlihat jelas naga besar sepanjang 200 meter yang melilit bagian-bagian bangunan. Di atapnya, ratusan porselen membentuk "China" terlihat sangat indah.

Untuk sementara ini, 100 persen tembok bangunan yang berselimut porselen baru luarnya saja. Bagian interior baru terhias di beberapa dinding dan langit-langit. Akan tetapi, pantulan matahari dari jutaan porselen ini selalu mengganggu mata para wisatawan yang kebetulan lewat.



Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/07/04/104521/1957296/1383/unik-rumah-ini-terbuat-dari-porselen

No comments:

Post a Comment