Friday, September 27, 2013

Misterius! Ada Relief Dinosaurus di Candi Angkor Wat







Kuil Ta Prohm (lonelyplanet.com)


Kuil ini pernah dijadikan tempat syuting Tomb Raider (lonelyplanet.com)


Siem Reap - Angkor Wat di Kamboja merupakan komplek candi Hindu terbesar di dunia. Tapi ada yang misterius. Di Candi Ta Prohm, ada relief berbentuk dinosaurus. Apa artinya mereka sudah mengenal hewan raksasa itu?

Dari Sacred Destinations, Kamis (16/5/2013) adalah Kuil Ta Prohm yang tidak terlalu dikenal banyak banyak wisatawan, namun pernah jadi salah satu tempat syuting film Tomb Raider. Jika biasanya kuil Buddha atau Hindu berisi relief tentang dewa-dewa, tidak dengan kuil yang satu ini.

Di kuil yang berumur sekitar 800 tahun ini, berisi banyak relief yang berhubungan dengan dewa Hindu, tapi ada juga relief yang sama sekali tidak berhubungan. Ada relief dinosaurus di sana. Bagaimana bisa?

Beberapa teori berbeda mencoba mengungkapkan kehadiran relief yang aneh ini. Beberapa menganggap relief tersebut hanyalah keisengan dari beberapa orang yang sengaja memasangnya di dalam sana. Beberapa orang lainnya berkata bahwa itu adalah peninggalan dari Khmer kuno. Mungkin dahulu ada yang pernah melihat sendiri keberadaan sang makhluk purba.

Ada juga sebuah teori yang lebih realistis. Teori tersebut menyebutkan hewan itu bukanlah dino melainkan badak yang berlatar belakang pohon-pohon palem. Memang, dalam relief, terlihat dino seperti memiliki benjolan runcing di sepanjang punggungnya.

Teori tersebut cukup masuk akal mengingat relief dino tersebut berderetan dengan relief hewan lain. Di atas dan bawahnya, ada relief yang bergambar monyet, babi, ular dan ayam. Tidak ada yang tahu apakah itu benar gambar dinosaurus atau badak dengan latar belakang pepohonan yang membuatnya menjadi terlihat seperti dino.


Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/05/16/124932/2247685/1383/misterius-ada-relief-dinosaurus-di-candi-angkor-wat

No comments:

Post a Comment