Saturday, January 9, 2016

berdana jubah tetapi tidak dapat digunakan sebagai jubah


"Sudah Menjadi Rahasia Umum dan Masalah Yang Harus Diselesaikan Bersama".

Dear upasaka dan upasika yg berbahagia,
Mungkin anda bertanya-tanya tentang foto-foto jubah-jubah yang saya upload ini.

Ya, inilah foto jubah-jubah yang sudah menjadi rahasia umum, bahwa jubah-jubah ini tidak bisa digunakan karena ukuran, jahitan, warna, dll nya yang menyebabkan jubah-jubah ini tidak digunakan oleh para bhikkhu sehingga menjadi penumpukan-penumpukan di gudang, dan kadang-kadang karena sayang kalau disia-siakan maka jubah-jubah yang tidak bisa digunakan sebagai jubah tersebut dirombak menjadi seprei, taplak meja, dll.

Sayang kan, anda berdana jubah tetapi tidak dapat digunakan sebagai jubah!!.

Nah, jika Bhikkhu harus menerima dana jubah-jubah yang tidak bisa dipakai ini, dan harus ditumpuk lagi di gudang Vihara/Cetiya, pertanyaannya adalah, "HARUS BERAPA BANYAK SETIAP VIHARA/CETIYA MENYEDIAKAN GUDANG UNTUK MENAMPUNG JUBAH-JUBAH YANG TIDAK BISA DIPAKAI INI?????

Sungguh Ironis bukan???? ini harus diselesaikan bersama.

Saran saya adalah:
1. Berdana jangan cuma asal berdana, berdanalah barang-barang kebutuhan Bhikkhu/Vihara yang memang benar-benar bisa digunakan, jadi dana tersebut tepat sasaran dan tepat penggunaannya, dan tidak menyebabkan masalah dikemudian hari bagi si penerima dana.
2. Jika ingin berdana jubah pastikan bahwa jubah-jubah tersebut memang bisa digunakan oleh para Bhikkhu sehingga tidak terjadi lagi penumpukan-penumpukan jubah karena jubah-jubah tersebut tidak bisa dipakai. Pastikan itu jubah bukan bahan yang belum dijahit. Harus dipastikan walaupun jubah-jubah tersebut dijual di bursa-bursa di Vihara.

Jadi melalui informasi ini, melalui foto-foto dan tulisan ini, kedepan atau di masa mendatang dana-dana dari dana jubah-jubah ini dapat digunakan seperti harapan si pendana, agar jubah-jubah tersebut bisa digunakan sebagai jubah untuk para Bhikkhu, sehingga nantinya juga (di masa mendatang), si pendana akan mendapatkan hasil-hasil yang maksimal dari dana tersebut.

Semoga dengan tulisan ini, anda yang memproduksi jubah-jubah yang tidak layak ini, jika ingin tetap memproduksi, produksilah bukan karena hanya mencari untung semata, lihatlah perbuatan anda menyebabkan masalah di Vihara/Cetya karena penumpukan jubah-jubah yang tidak layak pakai tersebut. Produksilah dengan ukuran, warna, dan jahitan yang benar dan bahan yang enak dipakai seperti anda tentunya ingin nyaman menggunakan baju yang anda pakai.

Demikianlah tulisan ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Semoga kita dapat terus maju dalam Dhamma.
Semoga semua mahkluk berbahagia.
Sadhu...



Sumber : https://www.facebook.com/Shin.U.Thunanda/posts/1137387906286338?__mref=message

No comments:

Post a Comment