Saturday, August 9, 2014


Modus Penipuan

Harap anda Hati-hati kalau ketemu dgn sekelompok turis berwajah oriental, mereka melakukan penipuan dan berlagak sebagai turis asing dari negara korea, taiwan, hongkong, jepang dengan modus kehabisan uang untuk kembali ke negara asalnya, mereka melakukan penipuan dengan berlagak menjual ponsel smart phone, iPhone 4 32 GB, Galaxy s4 yang dibawanya dan diakuinya ponsel asli oleh turis tsb, dan ditawarkan kpd org ditemuinya dengan harga super murah.

Padahal ponsel tsb 100% adalah ponsel hasil clone (casing mirip, lebih ringan, applikasi sama sekali tidak bisa digunakan terutama iTunes & Appstore, kamera nya juga parah), ponsel tsb dihasilkan dari pabrikan di Guangzhou dan biasa hanya dijual sekitar 200rb-an, namun oleh turis ini dijadikan barang untuk menipu, cara menjualnya dengan mimik muka yg memelas, tampak kebingungan, dan kelelahan dan berlagak kehabisan uang. 

Diketahui ada diantara para pelakunya adalah warga indonesia ( krn yang cowok bisa bahasa jawa), pelakunya biasanya terdiri dari 3 sampai 5 orang ada pria dan wanita , seorang pria dengan usia sekitar 36 th, kulit putih, rambut cepak lurus, rokok marlboro, sepatu sandal hitam, ciri2 yg wanita : memakai topi, membawa tas ransel, ada tato di kaki sebelah kiri dan seorang yg berlagak sbg ibu2, mereka bergerilya di sekitaran pinggiran ringroad sampai Cengkareng dengan berjalan kaki dan berlagak tidak bisa bahasa indonesia maupun Bahsa inggris, dan mrk menjualnya menggunakan bahasa isyarat. 


Dengan modus spt itu, mereka bisa menghipnotis orang yang ditemuinya, banyak orang yg tertipu membelinya karena kasihan, atau di jebak saat dibantu mengecek ponsel tsb dg cara dialihkan perhatiannya , setelah di cek ponsel, cuma bisa buat sms/ tlp saja. 


Modus ini sdh lama di kota2 besar dan daerah wisata di-indonesia, jakarta, bandung, bali bahkan palembang, terutama di Yogya. 


Route gerilnya di yogya kota seputaran ringroad : gampingan , jombor (4 agustus), Per tgl 5 agustus 2014 ini “turis” tsb bergerilnya di sampangan dan Jl. Wonosari. 


Mohon disebarluaskaan untuk mempersempit ruang gerak mereka. 


Terima kasih atas kerjasamanya. 

Jika ada yang menemui mereka , Harap Segera Lapor Polisi.

No comments:

Post a Comment