Tuesday, September 10, 2013

Nostalgia Jajanan Masa Kecil



Kenangan masa kecil memang akan selalu teringat sepanjang hayat ya OpenRicers. Betapa indahnya masa kecil yang penuh dengan keceriaan. Adakah di antara OpenRicers yang menyimpan kuat kenangan masa kecilnya. Terutama yang terkait dengan jajanan saat masih sekolah dulu. Pasti banyak cerita dibalik jajanan-jananan tersebut yang mungkin sudah sulit ditemukan saat ini ya, adakah yang merindukannya hingga saat ini? Sedikit flashback ke masa lalu, ayo rewind lagi kenangan kamu tentang jajanan masa kecil OpenRicers. Nostalgia jajanan masa kecil yang kian sulit didapatkan.


OpenRicers generasi tahun 80an sampai 90an pastilah punya kenangan manis dengan penjual jajanan yang berkeliling di sekitar rumah atau sekolah. Jajanan versi pedagang keliling inilah yang sudah sulit dijumpai. Walaupun di beberapa daerah pinggiran kota besar masih sesekali ditemukan.
 
Seperti penjual gulali pikulan dengan ciri khas gulali berwarna merah-hijau. Biasanya gulali akan dibentuk sesuai permintaan, bentuk hewan kuda atau ayam jago paling populer dan digemari anak-anak.
Pedagang gulali pikulan lainnya, menjajakan versi gulali dalam bentuk serabut-serabut berwarna merah muda yang dikenal dengan sebutan 'rambut nenek'. Gulali ini dimakan bersama dengan semacam kerupuk yang rasanya tawar, berwarna merah muda, hijau atau kuning pucat.
Versi lainnya dari gulali yang berbentuk serabut adalah gula kapas yang dibuat dari butiran gula berwarna-warni. Memakai alat khusus seperti wajan berputar yang di tengahnya terdapat corong tempat gula dituangkan. Serabut-serabut akan keluar dari corong saat wajan diputar dan penjualnya akan segera 'menangkap' serabut-serabut tersebut dengan memakai stick kayu.

Selain gulali, ada juga es krim tradisional versi pedangan keliling yang disebut es puter atau akrab disapa es dung-dung, lantaran pedangannya membuat semacam bunyi-bunyian dari gong berukuran kecil. Es dung-dung ini disajikan bersama ice cream cone atau dengan roti tawar. Adapula yang diberi taburan ketan hitam dan kacang tanah. Agaknya versi roti tawar lebih digemari dan masih diburu hingga sekarang ya OpenRicers.
Selain es dung-dung, ada juga es potong (es lilin) dan es goyang, es krim tradisional yang dibuat dari santan dan diberi aneka rasa.
Kedua jenis es ini sama-sama ditusuk dengan stick bambu dan dicelup cokelat cair. Bedanya es potong sudah dalam keadaan beku saat dijajakan sementara es goyang baru akan dibuat (dibekukan) saat dipesan dan es goyang lebih cepat mencair ketimbang es potong.

Bukan hanya gulali dan es krim, jajanan manis yang digemari anak-anak. Kue-kue seperti kue pukis, kue cubit, kue ape dan kue rangi juga menjadi jajanan favorit hingga kini. Ciri khas semua jenis kue tersebut dimasak di tempat. Pedagangnya membawa gerobak lengkap dengan alat masaknya. Pembeli bisa melihat langsung proses pembuatannya. Jadi lebih mirip open kitchen versi kaki lima ya openRicers. Beberapa kue-kue tersebut masih dijumpai di beberapa wilayah.

Sepertinya susah-susah gampang ya OpenRicers berburu jajanan masa kecil. Jika ada di antara OpenRicers yang tahu dimana masih bisa mendapatkan jajanan-jajanan tersebut sharing di sini ya. How wonderful childhood memories, isn't it ?
 
 
 
by Arfiani (2013-04-12)
 
 

No comments:

Post a Comment