Wednesday, March 20, 2013

Dahsyatnya Makam 7.000 Pasukan Terakota

Bagian dari museum, Pit 1 (en.wikipedia.org)
Bagian dari museum, Pit 1 (en.wikipedia.org)


Masih ingat film The Mummy 3 yang dibintangi Jet Lee? Jet Lee adalah mumi dari Kaisar Qin yang memiliki 7.000 pasukan tanah liat. Wisatawan bisa sungguhan mengunjungi dahsyatnya makam Kaisar Qin di Xi'An, China.

Museum of Qin Terracotta Warriors and Horses di Kota Xi'An, China, bukanlah museum biasa. Inilah tempat lebih dari 7.000 pasukan dan kuda perang China ditemukan dalam bentuk tanah liat. Patung-patung ini dibuat ribuan tahun silam.

Sebagai Kaisar China yang pertama, Qin Shi Huang adalah seorang pemberani. Ia mempersatukan dataran Tiongkok kemudian melakukan banyak reformasi dalam pemerintahan. Tapi di sisi lain, Qin juga punya sisi rapuh. Bahkan jauh sebelum ia meninggal, Kaisar Qin punya satu wangsit untuk dilakukan para warganya.

Wangsit itu adalah replika pasukan perang dalam bentuk tanah liat, lengkap dengan kudanya. Sang Kaisar percaya kalau para pasukan terakota inilah akan menemaninya di alam baka.

Waktu itu tahun 247 SM, ketika warga Kota Xi'An mulai membangun patung tanah liat pertama. Mengutip situs resmi Pariwisata China, Senin (21/5/2012) Xi'An adalah ibukota administratif pertama. Tak tanggung-tanggung, pembuatan ribuan pasukan itu baru berakhir 39 tahun kemudian. Sayangnya, sang Kaisar wafat dua tahun sebelum semuanya rampung. Patung-patung terakota itu lalu terlupakan hingga ribuan tahun.

Baru pada 1974, para petani menemukan beberapa barang kuno ketika sedang mencangkul. Hingga akhirnya terkuaklah apa yang selama ini tertimbun di bawah tanah Kota Xi'An. Total ada tiga lokasi kuburan, masing-masing berjarak sekitar 20 meter.

Para arkeolog dan ilmuwan langsung beraksi. Pada 1979, dibukalah Museum of Qin Terracotta Warriors and Horses. Tak butuh waktu lama hingga pada 1987 tempat ini menjadi Situs Warisan Dunia yang didaulat UNESCO.

Dijamin, mulut Anda akan dibuat ternganga ketika memasuki tempat ini. Betapa tidak, ada lebih dari 7.000 pasukan perang, kuda, kereta perang, hingga senjata-senjata yang semuanya dibuat dari tanah liat. Para pasukannya mengenakan pakaian perang lengkap, dengan tinggi sama seperti manusia biasa, juga potongan rambut dan wajah yang serupa, tapi banyak juga wajah yang sangat berbeda satu sama lain.

Yang terpenting, peninggalan ini sangat minim kerusakan walaupun terlupakan ribuan tahun lamanya.

Ada tiga bagian yang bisa dimasuki oleh wisatawan yang menyatu dalam area seluas 16 ribu meter persegi. Pit 1 adalah yang terbesar berisi ribuan pasukan perang. Pit 2 berisi ribuan pasukan lagi serta 90 kereta perang. Sementara Pit 3 adalah tempat bagi 68 pasukan, satu buah kereta, dan empat ekor kuda terakota.

Sekarang, Museum of Qin Terracotta Warriors and Horses menjadi salah satu bagian dari Emperor Qin Shi Huang's Mausoleum Site Park. Anda bisa memasuki tempat ini dengan membayar US$ 11 (sekitar Rp 105.000), lalu melanjutkan ke tiga situs peninggalan lain dalam wilayah yang sama. Tempat ini buka mulai pukul 08.00-18.00 waktu setempat.

Jika Anda sedang berlibur di Negeri Tirai Bambu, tempat ini sama sekali tidak boleh dilewatkan. Kata para traveler, berkunjung ke China tanpa melihat Terracota Warriors sama seperti pergi ke Mesir tanpa melihat Piramida.


Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/05/21/190341/1921213/1025/dahsyatnya-makam-7000-pasukan-terakota?vt22011024
 

No comments:

Post a Comment