Thursday, February 28, 2013

Tat Kuang Xi, Kesejukan di Laos Utara

Tat Kuang Xi, Kesejukan di Laos Utara


Negeri kecil Laos mungkin belum banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia, padahal ada beberapa lokasi wisata yang menarik di sini. Salah satu yang paling mengesankan adalah air terjun Kuang Xi, yang dalam bahasa setempat disebut Tat Kuang Xi. Air terjun ini berada di kota Luang Prabang, di bagian utara negeri.

Kolam-kolam alami di mana wisatawan dapat berenang. (Olenka Priyadarsani)

Kuang Xi merupakan air terjun tiga tingkat yang bermula dari sebuah kolam dangkal di atas bukit. Air terjun utama memiliki tinggi 60 meter. Bukan hanya air terjunnya yang menarik, melainkan juga kolam-kolam di mana air tersebut jatuh. Berbagai gradasi warna antara hijau, biru, hingga putih susu kolam-kolam bertingkat ini menjadi favorit para fotografer.

Jembatan kayu yang membuat suasana Kuang Xi makin terlihat romantis. (Olenka Priyadarsani)

Layak memang apabila lokasi wisata ini merupakan tujuan utama para wisatawan asing yang berkunjung ke kota kecil Luang Prabang. Air terjun Kuang Xi juga hampir selalu muncul dalam brosur-brosur wisata yang mempromosikan pariwisata Laos. Luang Prabang sendiri telah dicanangkan sebagai situs warisan budaya UNESCO.

Wisatawan diperbolehkan untuk berenang dan bermain di kolam-kolam di bawah air terjun, walaupun ada satu kolam yang tertutup karena dianggap keramat. Anda dapat berganti pakaian di pondok-pondok kayu sederhana yang tersedia di dekat lokasi air terjun.

Zona larangan berenang di bawah Air Terjun Kuang Xi. (Olenka Priyadarsani)

Bila Anda ingin sedikit bertualang, Anda dapat mendaki menuju puncak air terjun melalui sebuah jalan setapak. Ingat, bahwa jalan setapak di sini terkadang sangat licin terutama di pagi hari ataupun di musim hujan. Oleh karena itu, sandal gunung atau sepatu olahraga menjadi pilihan alas kaki yang paling tepat. Bahkan ada beberapa wisatawan yang memilih bertelanjang kaki karena sandal jepit terlalu licin.

Pemandangan di sekitar air terjun luar biasa indah. Ini karena letak air terjun yang berada di tengah hutan hijau yang relatif masih perawan. Jalan setapak menuju ke atas pun sangat sederhana dan alami.

Salah satu lokasi favorit wisatawan untuk mengambil gambar adalah jembatan kayu yang menghubungkan satu sisi dengan sisi lainnya. Air terjun utama dapat menjadi latar belakang foto cantik Anda.

Di bagian luar kompleks, di dekat area parkir, terdapat cukup banyak kios yang menjual makanan dan suvenir. Tentu saja Anda harus menggunakan keahlian Anda untuk menawar. Harga suvenir di sini lebih mahal daripada di pasar malam Luang Prabang yang digelar di jalan utama setiap malam.

Air terjun Kuang Xi berada sekitar 29 km dari pusat kota Luang Prabang. Anda dapat menyewa tuktuk untuk pergi ke tempat ini. Bila Anda bepergian sendiri, ada baiknya Anda mencari tumpangan tuktuk di Jalan Sisavangvong, sehingga Anda dapat berbagi dengan wisatawan lain. Harga tiket masuk ke Kuang Xi adalah 20.000 kip.

Air terjun lain yang dapat dikunjungi adalah Tad Sae.


Sumber : http://id.berita.yahoo.com/tat-kuang-xi--kesejukan-di-laos-utara.html;_ylt=Asi9rrwIHy.H6yfrW85hfCO2jPR_;_ylu=X3oDMTRjY2YxOWZzBG1pdANsaXN0IHRyYXZlbCBsdWFyIG5lZ2VyaQRwa2cDNWFiNTgwZjctMjUyNy0zM2QzLWJkZGYtYzkyM2NhM2FhZmE1BHBvcwMyBHNlYwNNZWRpYVN0b3J5TGlzdExQVGVtcAR2ZXIDNTEzYjNlMzMtZmNiNi0xMWUxLWJmMzAtNGM2ODdjN2NkNDVm;_ylg=X3oDMTF2NjJudWdnBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHBzdGNhdAN0cmF2ZWx8bHVhcm5lZ2VyaQRwdANzZWN0aW9ucw--;_ylv=3
Kunjungi juga blog perjalanan Olenka di www.backpackology.me

No comments:

Post a Comment