Tuesday, February 19, 2013

China Tutup Kuil Gara-gara Biksu Palsu




img
Para biksu yang berdoa di kuil-kuil di Gunung Wutai (News.com)


Shanxi - Penipuan bisa terjadi di mana saja. Seperti di dua kuil suci di Gunung Wutai, China, turis ditipu oleh enam biksu palsu untuk menyumbangkan uang dan membeli dupa dengan harga yang mahal. Akhirnya, kuil tersebut pun ditutup!

Dilansir dari News Australia, Senin (18/2/2013), Gunung Wutai merupakan salah satu warisan dunia yang diakui UNESCO sebagai lanskap budaya. Gunung ini terletak di Provinsi Shanxi, serta menjadi yang tertinggi di China bagian utara.

Gunung ini memiliki panorama alam yang menakjubkan. Tak hanya itu, Gunung Wutai juga dianggap suci, di dalamnya ada puluhan kuil bersejarah. Tak ayal wisatawan pun berdatangan ke sana.

Sayangnya, dua kuil suci di Gunung Wutai harus ditutup oleh pemerintah setempat. Seperti dikutip kantor berita resmi Xinhua, bagian administrasi menutup dua dari puluhan kuil di sana. Serta, mencabut izin usaha mereka dari hari Jumat lalu (15/2/2013).

Enam orang pun ditangkap karena pembiayaan ilegal. Mereka rupanya juga menyewa biarawan palsu dan mengajak turis untuk membeli dupa dengan harga yang mahal. Serta, menyuruh turis membayar biaya yang tidak masuk akal untuk menyaksikan upacara.

Tahun lalu, Kementerian Agama setempat meminta pemerintah daerah untuk melarang pencatutan yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Serta melarang menjadikan tempat agama sebagai usaha bisnis.




Oleh: Afif Farhan - detikTravel
Senin, 18/02/2013 12:08 WIB

No comments:

Post a Comment