Thursday, November 27, 2014

Jangan Tertipu Basa Basi


Ada seseorang yang sedang bertamu ke rumah tetangganya. Setelah beberapa saat lamanya, dia mulai minta diri untuk pamit pada Tuan rumah tersebut.

Tuan rumah menjawab, "Duduk sebentar lagi!"

Dia malu untuk menolaknya, lalu duduk kembali. Setelah meminum secangkir teh, dia merasa bosan dan berdiri meminta diri lagi, tetapi tuan rumah berkata, "Buru-buru ya, apakah ada yang penting?"

Dia malu untuk berbohong, lalu dia berkata, "tidak ada hal yang penting."

Sehingga tuan rumah berkata lagi, "Jika memang tidak ada hal penting, makan malam di sini saja." Akhirnya dia tidak jadi pulang.

Setelah selesai makan, dia malu untuk segera pamit, nyonya rumah takut dia bosan, lalu mengambil photo keluarga mereka diperlihatkan kepadanya, dia malu menolak, lalu berpura-pura sangat tertarik membalik lembar demi lembar photo tersebut.

Pada saat itu tuan rumah masuk ke dalam rumah untuk mandi, dia ingin pamit tetapi harus tunggu tuan rumah keluar dulu, dengan cara tersebut lebih sopan. Tetapi setelah mandi, tuan rumah masuk ke dalam kamar, tidak keluar lagi, hari sudah semakin gelap, dia merasa sangat gugup.

Ketika tuan rumah keluar, waktu telah menunjukkan pukul 22:00. Ketika tuan rumah keluar, melihat dia masih belum pulang, lalu dengan menyindir berkata :" Jika Anda ingin tidur di sini, saya akan menyuruh istri saya mempersiapkan kamar."

Dia mendengar nada bicara tuan rumah tidak gembira, segera berdiri dan berkata, "Jangan, jangan, saya sudah mau pamit." Lalu dengan malu dia bergegas berjalan keluar.

Sebenarnya tuan rumah melihat dia tinggal begitu lama, oleh karena sudah tidak sabar, maka tuan rumah sengaja tidak keluar dari dalam ruangan, agar mengharapkan dia segera pulang. Namun oleh karena dia masih belum pamit, akhirnya tuan rumah keluar untuk menyindirnya.

Sebenarnya, Amin sepanjang waktu sudah ingin pamit, tetapi dia sungkan, tidak ingin menolak kebaikan orang lain, sehingga akhirnya membuat dirinya sendiri sengsara dan serba salah.

Jangan tertipu oleh basa basi dari orang lain, sehingga melakukan perbuatan yang tidak ingin diri sendiri lakukan. Orang bijak harus pintar melihat situasi, kata basa basi biasanya diucapkan hanya untuk menjaga hubungan harmonis satu sama lain. Salam kebajikan



Sumber : https://www.facebook.com/KebajikanDe?fref=nf
 

No comments:

Post a Comment