Sunday, September 25, 2011

BAGAIMANA KARMA BEKERJA ??


Semua perbuatan  yang didasari oleh niat akan menciptakan potensi untuk menimbulkan hasil (Vipaka) atau buah (Phala) yg sesuai dgn kualitas perbuatan itu sendiri. Benih-benih karma akan terus mengikuti kita dari satu kehidupan ke kehidupan berikutnya dan akan membuahkan hasil jika saatnya sesuai dan kondisi mendukung. Buddha pernah bersadha :
" Sesuai benih yang di tabur, begitulah buah yang akan di tuai.Pelaku kebaikan akan menuai kebaikan, pelaku keburukan akan menuai keburukan. Begitu benih ditabur,dan tertanam,engkau akan merasakan buahnya." ( samyutta Nikaya I , 227 )

Hukum karma bukan hukum pembalasan,sehingga terdapat jalan untuk mempengaruhi atau menekan karma buruk dgn cara mengembangkan kemampuan dan kebiasaan baik. Angulimala seorg pembunuh yg ditundukkan oleh Buddha, bertobat dan mengubah dirinya secara total, sampai berhasil mencapai kesucian. Walau sudah membunuh 999 org, ia hanya menanggung luka diserang oleh org-org yg ingin membalas dendam, namun terhindar dari neraka.

Terdapat tiga akar mula penyebab karma buruk, yaitu Ketamakan ( lobha ), kebencian  (dosa) dan kegelapan bathin (moha) . Jika suatu perbuatan ,dilakukan di bawah pengaruh atau berasal dari ketiga racun ini, hasilnya akan mengakibatkan penderitaan. Kebalikannya merupakan akar dari karma yg baik.

SEPULUH PERBUATAN BAIK DAN SEPULUH PERBUATAN BURUK

Ada sepuluh perbuatan negatif yg seharusnya dihindari jika kita tidak ingin menciptakkan karma buruk , yaitu :
  1. Membunuh
  2. Mencuri
  3. Berzinah
  4. berbohong
  5. menfitnah
  6. Berkata kasar
  7. Berbicara yang tak berguna
  8. Tamak
  9. Membenci
  10. Berpandangan salah
Perilaku 1-3 adalah perbuatan buruk jasmani, prilaku 4-7 adalah perbuatan buruk ucapan dan  prilaku 8-10 adalah perbuatan buruk pikiran .

Ada sepuluh perbuatan bermanfaat yg seharusnya kita perjuangkan untuk menciptakan karma baik. Kesepuluh perbuatan baik ini juga termasuk menghindari sepuluh perbuatan buruk. Sepuluh perbuatan baik itu antara lain :
  1. Dermawan (Dana)
  2. Bermoral (sila)
  3. Mengembangkan bathin ( Bhavana )
  4. Menghargai (Apacayana )
  5. Melayani ( Veyyavacca )
  6. Melimpahkan jasa ( pattidana)
  7. Bersyukur ( Pattanumodana )
  8. Belajar Dharma ( Dhammadesana )
  9. Membabarkan Dharma ( Dhammasavana )
  10. Meluruskan pandangan ( Dihijjukamma )

Sumber : Ehipassiko Collection sangham saranam Gacchami

No comments:

Post a Comment