Sunday, August 3, 2014

Surga tersembunyi di Pantai Balekambang dan Pura Luhur Amertha Jati, Malang


Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Malang, kurang lebih 30 kilometer sebelah selatan kota kepanjen, atau 45 kilometer sebelah selatan Kota Malang. Balekambang merupakan salah satu objek wisata pantai di kabupaten malang yang sudah memiliki akses jalan, selain pantai Ngliyep dan pantai sekaligus kampung nelayan sendang biru. Balekambang mempunyai garis pantai sepanjang hampir 2 kilometer, dan terdiri dari pasir yang berwarna putih dan coklat terang.

Seperti halnya pantai pesisir selatan pulau jawa, balekambang memiliki arus laut yang deras serta ombak yg cukup besar, kurangnya fasilitas umum, termasuk akses jalan yang beraspal namun rusak di beberapa tempat, tidak adanya aliran listrik dan air bersih, membuat pantai ini tidak begitu mendapat banyak kunjungan secara rutin.

Dari pantai ini Anda bisa melihat tiga pulau yang sangat indah, yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan sangat terawat.

Dari kejauhan, tepat di atas pulau Ismoyo berdiri kokoh sebuah Pura megah yang menjadi kebanggan warga setempat. Pura yang dinamai Pura Luhur Amertha Jati ini selalu ramai dikunjungi.

Anda bisa mendatangi Pura tersebut dan mengabadikan gambar disana. Pulaunya sendiri tidak terlalu besar, tapi keindahannya sangat luar biasa.

Jika sempat, Anda bisa berkunjung ke pantai ini disaat bulan Suro. Biasanya pada bulan ini Pantai Balekambang akan lebih ramai. Warga setempat yang masih memegang tradisi biasa menggelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja.







Sumber : https://www.facebook.com/CeritaPariwisataNegerikuIndonesia?fref=photo

No comments:

Post a Comment