Sunday, August 3, 2014

Rupang Buddha tidur terbesar ketiga di Asia ada di Mojokerto


Kalau anda berwisata ke daerah Trowulan Mojokerto Jawa Timur, akan semakin menyenangkan, anda tidak hanya menemukan situs-situs bersejarah peninggalan kerajaan Mojopahit, namun juga akan melihat bangunan rupang Buddha Tidur, yang luar biasa megah dan besarnya, konon patung ini merupakan Rupang Buddha Tidur terbesar ke 3 Asia.

Rupang Buddha Tidur berada didalam komplek Maha Vihara yang merupakan salah satu bangunan keagamaan. Bangunan ini didirikan oleh yayasan Lumbini bertujuan untuk mengenang kembali kejayaan Hindu Buddha yang pernah tumbuh dan berkembang di kawasan ini.

Pembangunan Maha Vihara Majapahit dimulai pada tanggal 13 Desember 1985, diatas tanah seluas 16000 meter persegi di dusun Kedung Wulan, desa Bejijong, Trowulan, kabupaten Mojokerto dan diresmikan pada tanggal 11 April 1988 oleh Gubernur Daerah Tingkat I, Jawa Timur Bapak H.Soelarso.

Dalam pembuatan rupang Buddha mendatangkan ahli pemahat patung dari kota Solo, dengan panjang 22 m, lebar 6 m dan tinggi 4,5 m. karena ukurannya besar maka rupang Buddha ini tercatat di MURI (Museum Rekor Indonesia) pada bulan Desember 2001 sebagai patung yang terbesar ketiga se-Asia setelah Jakarta dan Bangkok.

Rupang Buddha Tidur berwarna kuning keemasan dibuat dengan posisi tidur yang melambangkan Siddharta Gautama pada saat wafat. Dan diletakkan di tengah kolam yang melambangkan bahwa Buddha pada saat wafat abunya dibuang ke laut. Rupang menghadap ke selatan karena selatan dianggap sebagai kiblatnya orang Buddha.
Dengan adanya rupang Buddha Tidur ini diharapkan masyarakat tahu tentang kisah Siddharta Gautama.

Rupang Buddha Tidur hampir setiap hari dikunjungi wisatawan. Pengunjung akan semakin membludak pada hari libur, hari Minggu atau hari besar lainnya. Dan pengunjungnya akan semakin meningkat saat perayaan hari besar agama Buddha. Karena banyak umat Buddha yang melakukan sembahyang di komplek Vihara Maha Vihara Mojohait, tempat rupang Buddha Tidur berada.

Sumber : Suara Mojokerto 





Sumber : https://www.facebook.com/CeritaPariwisataNegerikuIndonesia/photos/pcb.498777743572195/498776413572328/?type=1

No comments:

Post a Comment