Wednesday, May 22, 2013

Wajah Lalu Lintas di India

TEMPO.CO, Jakarta - Ibu kota India, New Delhi, memiliki kondisi lalu lintas yang lebih baik, rapi, apik, dan modern dibandingkan kota-kota lainnya di India. Di sini, suara klakson kendaraan tak banyak terdengar dan semua orang tampak patuh pada aturan lalu lintas. Fly-over terlihat di mana-mana, begitu juga dengan gedung-gedung tinggi. Tentunya tak lupa billboard Shah Rukh Khan terpampang hampir di setiap sudut jalan.

Mengutip buku Rp 3 Jutaan Keliling India dalam 8 Hari yang ditulis Rini Raharjanti, selama ini India dikenal sebagai kota yang tidak tertata rapi, jorok, bau, miskin, lalu lintas yang ruwet, dan parahnya: kotoran sapi di mana-mana. Dalam buku itu, Rini menceritakan ketika melewati jalanan di Kolkata, India. Kondisi lalu lintasnya membuat penulis yang melancong ke India pada 2010 itu pusing tujuh keliling. Semua pengendara bus, mobil, sepeda motor, rickshaw, maupun sepeda, kompak melanggar rambu lalu lintas. Tak satu pun yang sadar akan hukum dan aturan.

Semua juga tampak cuek-cuek saja dengan kendaraan masing-masing, walaupun salah jalur dan arah. Mobil polisi bobrok model jip berikut dengan Inspektur Veejay berseliweran di jalanan. Ditambah lagi dengan bajaj dan bus warna-warni.

Di sana, juga tak aneh jika melihat pemandangan para gelandangan yang tidur di pinggiran jalan. Sedangkan orang-orang di sekitarnya berseliweran dengan tak acuh, seolah mereka tiada.

Menurut Rini, ada satu pemandangan lagi yang mungkin membuat hati para pelancong yang belum pernah ke India nelangsa, yaitu ketika melihat rickshaw. Ini adalah semacam kendaraan yang ditarik orang. Para penarik rickshaw berjalan atau berlari menarik penumpang dan barang bawaan mereka yang beratnya bisa dua kali lipat dari bobot tubuh mereka sendiri. "Pemandangan yang sungguh tidak indah untuk dilihat," ujar Rini.

Namun, satu ketika, Rini juga dengan terpaksa naik rickshaw karena kakinya sudah lelah. Ternyata ia cukup menikmati suasana dari rickshaw karena kecepatannya standar dan cukup nyaman dinaiki. Saking terpesona dengan kejujuran dan kerja keras sang penarik rickshaw, Rini pun memberikan ongkos tambahan.

Berbagai sisi positif India yang ditangkap Rini, di antaranya, India adalah salah satu negara besar yang terkenal kaya akan kombinasi kebudayaan. Setiap kota di India memiliki keunikan masing-masing. Ia menunjukkan potensi pariwisata yang besar dengan kebudayaan, bangunan peninggalan bersejarah, candi, dan keindahan alamnya yang cantik. Travelling ke India juga akan lebih mengenal tradisi Hindu yang sangat kental di negara itu. Kehidupan di sana juga sangat jauh dari kemudahan modernisasi.



Source : http://id.berita.yahoo.com/wajah-lalu-lintas-di-india-124508833.html;_ylt=AqVVnfwWui.cALapvaygesK2jPR_;_ylu=X3oDMTRjMWRjbm9kBG1pdANsaXN0IHRyYXZlbCBsdWFyIG5lZ2VyaQRwa2cDYmI1NTIxOTYtMmQzZC0zZjk3LWE4Y2ItZDczNzQwOGYyY2NkBHBvcwM0BHNlYwNNZWRpYVN0b3J5TGlzdExQVGVtcAR2ZXIDOTVlZjA5YzMtNDI5NC0xMWUyLWFmYjMtZWQ4N2RjNzcyNWVk;_ylg=X3oDMTF2NjJudWdnBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHBzdGNhdAN0cmF2ZWx8bHVhcm5lZ2VyaQRwdANzZWN0aW9ucw--;_ylv=3

No comments:

Post a Comment