Wednesday, May 22, 2013

Berkeliling Sydney Dengan Angkutan Umum

Salah satu hal yang selalu saya lakukan ketika berada di tempat baru adalah mencoba transportasi umum setempat. Selain menghemat biaya, dengan angkutan umum kita dapat merasa menjadi orang lokal. Di Sydney, ada berbagai jenis angkutan umum yang patut dicoba.

Kereta api
Kereta api merupakan alat transportasi utama di banyak kota di Australia, Sydney tidak terkecuali. Seperti juga di Jakarta, warga setempat mengandalkan moda transportasi ini untuk bepergian dari rumah ke tempat kerja mereka di pusat kota.

Wisatawan juga dapat mengandalkan kereta api untuk berkeliling kota, dan mengunjungi objek-objek wisata yang jauh dari pusat kota (misalnya Blue Mountain). Kereta api juga menjadi pilihan terbaik untuk bepergian dari dan ke bandara. Selain nyaman, cepat, juga jauh lebih murah daripada taksi.

Informasi tentang rute, jadwal, dan tiket dapat dilihat di www.cityrail.info.

Bus
Bus kota sangat cocok untuk melayani rute jarak dekat. Bila Anda menginap di sekitar pusat kota Sydney, Anda akan sering bertemu dengan bus-bus berwarna biru-putih. Bus kota yang dioperasikan oleh Sydney Buses ini melayani rute di Sydney bagian tengah. Bus kota ini dapat Anda tumpangi bila ingin berkunjung ke objek wisata seperti Sydney Opera House, The Rocks, maupun Darling Harbour.

Bus kota Sydney berwarna biru putih mudah dikenali. (Olenka Priyadarsani)

Ada juga bus yang khusus dioperasikan untuk para wisatawan, yaitu Sydney Explorer dan Bondi Explorer. Bus Sydney Explorer berwarna merah terang yang melayani rute dari pusat kota (Central Business District) ke banyak objek wisata. Bus Bondi Explorer melayani rute dari Sydney ke Bondi, cocok bagi Anda yang ingin berwisata di pantai paling populer di Australia ini. Tiket-tiket bus turis ini berbeda dari tiket bus biasa.

Bus Sydney Explorer untuk mengelilingi kota. (Olenka Priyadarsani)

Informasi tentang bus-bus di dalam kota Sydney dapat dilihat di www.sydneybuses.info.

Kapal atau feri
Dari Circular Quay wisatawan dapat menggunakan feri untuk menyeberang ke Manly, yang jaraknya sekitar 17 kilometer. Di sepanjang perjalanan, penumpang disuguhi pemandangan megahnya Harbour Bridge dan indahnya Sydney Opera House. Selain itu, feri juga dapat digunakan bagi wisatawan yang ingin pergi ke Kebun Binatang Taronga.  

Kapal menjadi salah satu moda transportasi di Sydney. (Olenka Priyadarsani)

Trem
Dahulu trem pernah mengalami masa keemasan di kota terbesar di Australia ini. Namun seiring dengan perkembangan kota, moda transportasi lain makin menggeser kejayaan trem. Saat ini trem kuno telah digantikan dengan kereta ringan yang modern. Bila punya kesempatan untuk berkunjung ke Sydney, cobalah alat transportasi ini untuk pergi ke Pasar Ikan Sydney, Darling Harbour, atau Chinatown.

Kereta api tingkat, nyaman untuk perjalanan ke bandara. (Olenka Priyadarsani)

Monorel
Di Sydney, monorel lebih berfungsi sebagai objek wisata dibandingkan sebagai transportasi umum. Monorel Sydney hanya berkeliling dalam satu lingkaran kecil. Penumpang dapat membayar satu kali dan ikut berputar sesuka hati, selama tidak keluar dari halte. Monorel juga merupakan alat transportasi “wajib” bagi wisatawan, selain karena dapat menikmati pemandangan kota Sydney dari atas, kereta tanpa masinis ini juga melewati tempat-tempat yang sangat menarik. Beberapa lokasi yang dilewati oleh monorel Sydney adalah Darling Harbour, Queen Victoria Building, dan Paddy’s — cocok bagi Anda yang ingin memborong cenderamata untuk dibawa pulang ke Tanah Air.

Monorel tengah melewati Darling Harbour. (Olenka Priyadarsani)



Source : http://id.berita.yahoo.com/berkeliling-sydney-dengan-angkutan-umum.html;_ylt=AnvQED.EuXcF1UrfcQMnIgm2jPR_;_ylu=X3oDMTRjajlocTZoBG1pdANsaXN0IHRyYXZlbCBsdWFyIG5lZ2VyaQRwa2cDZjdlYjY0ODItYjY1ZS0zZDUzLWI5NDQtZWYwZDBiZWRiMWE1BHBvcwM0BHNlYwNNZWRpYVN0b3J5TGlzdExQVGVtcAR2ZXIDYWYxMTIxMDMtMmQ1ZC0xMWUyLWI3ZmQtYTA4MDhjOTVjYjA3;_ylg=X3oDMTF2NjJudWdnBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHBzdGNhdAN0cmF2ZWx8bHVhcm5lZ2VyaQRwdANzZWN0aW9ucw--;_ylv=3

No comments:

Post a Comment