Sunday, October 2, 2011

Definisi perbuatan baik

Salah satu aspek kebaikan yang saya tahu adalah kemurahan hati. Mungkin kata yang lebih umum adalah tulus, ikhlas, atau tanpa pamrih. Memberi ya hanya memberi. Membantu ya hanya membantu. Melakukan perbuatan baik, ya just do. Bukan hal yang mudah, tapi inilah perbuatan baik yang sesungguhnya.

Ketika saya memberi namun tidak tulus (mengharapkan imbalan), saya merasakan bahwa kebahagiaan yang saya pancarkan keluar, tidak terpancar kedalam diri saya sendiri. Padahal perbuatan baik yang sesungguhnya adalah perbuatan baik yang bukan hanya memberi manfaat untuk orang lain tapi juga untuk diri sendiri.

Selama perbuatan itu tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya, maka itu adalah perbuatan baik.

No comments:

Post a Comment