Tuesday, January 13, 2015

Ajaib! Kelenteng di Dalam Pohon Beringin


Tanjungpinang - Ini bukan rumah ajaib dalam pohon seperti kisah dongeng. Tapi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, ada kelenteng di bawah pohon beringin. Ayo datang ke sana dan lihat keajaibannya.

 
Berwisata di Tanjung Pinang sempatkan untuk berkunjung ke daerah kelurahan Senggarang. Di sini ada satu kelenteng yang kalau sekilas dilihat mirip Angkor Wat di Kamboja (Ropesta/detikTravel)


 Kelenteng Tien Shang Miao nama tempat itu. Oleh warga lokal sering disebut Kelenteng Beringin lantaran bangunannya yang seolah-olah ada di dalam pohon beringin (Ropesta/detikTravel)


 Kelenteng ini berada hanya sekitar 5 meter dari bibir pantai. Dia berdiri di kawasan rumah penduduk kampung Boyan yang mayoritas adalah etnis Tionghoa (Ropesta/detikTravel)


 Kelenteng ini dulunya rumah seorang Kapiten bernama Chio Chen pada 1800-an. Setelah Kapiten itu meninggal, warga Senggarang pun menjadikannya rumah ibadah bagi etnis Tionghoa (Ropesta/detikTravel)


Entah bagaimana awalnya bangunan itu terlilit akar pohon. Warga lokal bernama Panjang (78) berkata pohon beringinnya sudah berumur 200 tahun, tak ada yang berani menebang (Ropesta/detikTravel) 


Lazimnya bangunan tua, kelenteng ini pun tak lepas dari cerita mistis. Akar pohon beringin itu setiap tahun selalu bertambah banyak, namun bagian bata tembok yang sudah ratusan tahun itu tidak rusak (Ropesta/detikTravel)


Menurut cerita Panjang, pernah ada beberapa pejabat yang mencoba merenovasi kelenteng itu dan memotong akar-akar pohon beringin namun gagal, konon karena 'penghuninya' tidak mengizinkan (Ropesta/detikTravel) 


Hingga kini klenteng tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadah. Banyak turis seperti dari Malaysia, Singapura, Thailand dan Tiongkok yang datang berdoa dan meminta berkah (Ropesta/detikTravel)


Sumber : http://travel.detik.com/readfoto/2014/12/03/093610/2766078/1384/2/ajaib-kelenteng-di-dalam-pohon-beringin#menu_stop

No comments:

Post a Comment