Thursday, July 24, 2014

Wisata Curug Nangka, Curug Kawung, dan Curug Daun - Bogor



Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat.  Daya Tarik Utama Wisata Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m.  Selain Curug Nangka di kawasan ini juga terdapat dua buah curug lagi, yaitu Curug Kawung dan Curug Daun.  Lokasi ketiga curug ini berdekataan sekitar 100 m dengan urutan yang paling bawah adalah Curug Nangka, lalu Curug Daun dan terakhir adalah Curug Kawung.

Ketiga curug ini berada di kaki Gunung Salak pada ketinggian sekitar 750 m dpl dengan curah hujan 4000mm/tahun. Walau terletak dibagian hilir dari Curug Kawung, Curug Nangka memiliki air terjun yang cukup menarik. Limpahan airnya sangat deras meskipun di musim kemarau ditambah lagi dengan lokasinya yang jauh dengan keramaian menambahkan kesan yang lebih alami.

Selain menyajikan objek wisata berupa air terjun, di Curug Nangka banyak sekali berkeliaran kera-kera liar. Kera-kera ini cukup berani menghampiri pengunjung hanya sekedar untuk meminta/mengambil sisa-sisa makanan. Kita dapat memberi makana langsung kera-kera yang berkeliaran di sana. Hal ini tentunya memiliki nilai tersendiri sebagai atraksi tambahan.

Lokasi Curug Daun letaknya agak di atas dan harus melewati jalan yang agak sempit dengan kondisi jalan naik dan turun. Untuk mencapainya, dari tempat Curug Nangka harus naik terlebih dahulu, dan menyusuri pinggiran sungai. Jarak dari areal parkir sekitar 300 sampai 400 meter.  Curugnya tidak terlalu tinggi tetapi aliran airnya cukup deras. Ketinggian Curug Daun ini berkisar hanya sekitar 6 meter.



Sedangkan lokasi curug Kawung terletak di bagian hulu dari Curug Nangka.  Jarak dari Curug ini ke Curug Daun sekitar 1 km dengan kondisi jalan setapak yang memiliki trek naik turun.  Tinggi Curug Kawung sekitar 25 meter dan letaknya di ceruk dikelilingi bukit yang hijau. Lokasi curug ini cukup terbuka sehingga lebih aman bila sewaktu-waktu terjadi air bah.

Berjarak sekitar 25 km dari Kota Bogor melalui Ciapus  yang mana dapat ditempuh sekitar 30 sampai 45 menit berkendara hingga pintu gerbang dan dilanjutkan dengan jalan kaki sepanjang ±1,5 km.  Kondisi jalan menuju curug ini beraspal dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

Terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.



Rute jalan menggunakan angkot :
Kita naik angkot 03 jurusan Bogor-Ciapus dari terminal Ramayana Bogor.  Berhenti di tujuan akhir yaitu pertigaan sebelum pintu gerbang. Di pertigaan ini ada papan penunjuk jalan, bila belok kiri ke arah Curug Nangka, dan belok kanan ke arah Curug Luhur.  Setelah kita turun dari angkot, kita berjalan kaki menuju pintu gerbang sejauh 700 meter.

Letak Curug Nangka itu sendiri tidaklah terlalu jauh dari pintu masuk sekitar 500 m atau hanya membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki, namun lokasi curug ini yang cukup tersembunyi di dalam lembah yang curam dan dibatasi tebing-tebing tinggi.

Tiket dan Parkir :
Tiket masuk adalah Rp. 6000/orang (sudah termasuk asuransi jiwa) dan parkir sebesar Rp 2000/kendaraan untuk sekali parkir.

Fasilitas dan Akomodasi
Selain untuk kegiatan hiking  mengunjungi curug, wisata ini dapat juga digunakan untuk wisata berkemah karena di lahan ini tersedia area untuk camping ground.

Fasilitas yang sudah tersedia dalam wana wisata ini adalah berupa pos jaga, pondok kerja, loket karcis, jalan setapak, tempat parkir , MCK, shelter (gardu pandang) tempat duduk, ruang informasi dan tempat sampah.  Juga banyak dijumpai warung-warung yang menjual makanan dan minuman.

  


Sumber : http://jafarshidiq30.wordpress.com/2012/08/16/wisata-curug-nangka-curug-kawung-dan-curug-daun/

No comments:

Post a Comment