Saturday, October 1, 2011

PERWUJUDAN CINTA KASIH

Dalam perjalanan kita bersama, saya telah menyajikan sejumlah latihan untuk membantu kita menjaga kesadaran terhadap apa yang terjadi di dalam diri kita dan di sekitar kita. Sekarang, karena kita berjalan melalui dunia yang lebih luas, beberapa pedoman tambahan bisa membantu dan melindungi kita. Beberapa anggota masyarakat kita telah mempraktikkan prinsip-prinsip berikut, dan saya pikir anda mungkin juga menganggap hal-hal ini berguna untuk memberikan pilihan mengenai bagaimana hidup di dunia kita sekarang ini. Kami menyebut mereka empat belas aturan dari “kumpulan bersama-sama ada”.

1. Jangan memuja atau terikat pada doktrin, teori, atau ideologi apapun. Semua sistem pemikiran adalah sarana penunjuk; mereka bukanlah kebenaran mutlak.

2. Jangan berpikir bahwa pengetahuan yang saat ini anda miliki tidak bisa berubah, atau sebagai kebenaran mutlak. Hindari berpikiran sempit dan terikat pada pandangan-pandangan saat ini. Belajar dan praktikkan ketidakmelekatan terhadap berbagai pandangan agar bisa terbuka menerima berbagai sudut pandangan orang lain. Kebenaran ditemukan di dalam kehidupan dan tidak hanya di dalam konsep ilmu pengetahuan. Bersiaplah untuk belajar di sepanjang hidup anda dan mengamati kenyataan dalam diri anda serta di dunia pada setiap saat.

3. Jangan memaksa orang lain, termasuk anak-anak, dengan cara apapun, untuk menyetujui pandangan-pandangan anda, apakah dengan kekuasaan, ancaman, uang propaganda, atau bahkan pendidikan. Bagaimanapun, melalui dialog yang menghibur, membantu orang lain untuk melepaskan kefanatikan dan kepicikan.

4. Jangan menghindari kontak dengan penderitaan atau menutup mata di hadapan penderitaan. jangan kehilangan kesadaran terhadap keberadaan penderitaan di dalam kehidupan dunia. Temukan cara untuk berada bersama mereka yang menderita, dengan segala cara termasuk pertemuan dan kunjungan pribadi, cerita-cerita dan suara. Dengan cara itu, bangkitkan diri anda dan yang lainnya pada kenyataan dari penderitaan di dunia.

5. Jangan menimbun kekayaan tatkala berjuta-juta orang lainnya kelaparan. Jangan jadikan ketenaran, keuntungan, kekayaan atau kesenangan indera sebagai tujuan hidup anda. Hiduplah sederhana dan berbagi waktu, tenaga dan sumber-sumber penghasilan materi anda dengan mereka yang membutuhkan.

6. Jangan memelihara kemarahan atau kebencian. Belajarlah untuk menembus dan mengubah mereka ketika mereka masih berbentuk benih-benih di dalam kesadaran anda. Begitu kemarahan dan kebencian muncul, belokkan perhatian anda pada pernapasan anda untuk melihat dan memahami sifat kemarahan atau kebencian anda serta sifat-sifat orang-orang yang telah menyebabkan kemarahan atau kebencian anda.

7. Jangan tersesat dalam keramaian dan dalam keadaan di sekeliling anda. Praktikkan pernapasan secara sadar agar kembali pada apa yang terjadi pada saat ini. Berhubunganlah dengan apa yang menakjubkan, menyegarkan dan menyembuhkan, baik di dalam maupun di sekitar diri anda. Tanamlah benih kegembiraan, kedamaian dan pengertian di dalam diri anda untuk memudahkan pekerjaan perubahan di dasar kesadaran anda.

8. Jangan mengucapkan kata-kata yang dapat menciptakan perselisihan dan menyebabkan perpecahan di dalam masyarakat. Berusahalah untuk mendamaikan dan memecahkan semua pertentangan, betapapun kecilnya ia.

9. Janganlah mengatakan hal-hal yang tidak benar demi kepentingan pribadi atau untuk mempengaruhi orang lain. Jangan mengucapkan kata-kata yang menyebabkan perpecahan dan kebencian. Jangan menyebarkan berita yang tidak anda ketahui kepastiannya. Jangan mengkritik atau menyalahkan hal-hal yang anda tidak yakini. Selalulah berbicara yang benar dan yang membangun. Miliki keberanian untuk membicarakan tentang ketidakadilan, meskipun ketika melakukannya bisa mengancam keselamatan anda sendiri.

10. Jangan manfaatkan komunitas agama untuk tujuan dan keuntungan pribadi, atau mengubah komunitas anda menjadi partai politik. Bagaimanapun, komunitas agama harus tegas menentang penindasan dan ketidak-adilan, serta harus berjuang untuk mengubah keadaan tanpa terlibat di dalam konflik-konflik pengikut.

11. Jangan hidup dengan pekerjaan yang membahayakan manusia dan alam. Jangan berinvestasi di perusahaan- perusahaan yang dapat menghilangkan kemungkinan hidup orang lain. Pilihlah pekerjaan yang membantu anda mencapai kasih sayang yang ideal.

12. Janganlah membunuh. Jangan biarkan orang lain membunuh. Temukan cara apapun yang memungkinkan untuk melindungi kehidupan dan mencegah peperangan.

13. Jangan miliki apapun yang seharusnya menjadi milik orang lain. Hargai milik orang lain tetapi cegah mereka memperkaya diri mereka dari penderitaan manusia atau penderitaan makhluk lain.

14. Jangan menganiaya tubuh anda. Belajarlah untuk menanganinya dengan hormat. Jangan melihat tubuh anda hanya sebagai alat. Juga tenaga yang sangat penting, demi tercapainya sang jalan. Perwujudan seks tidak boleh terjadi tanpa cinta dan tanggung jawab. Dalam hubungan seksual, waspadalah terhadap penderitaan di kemudian hari yang mungkin ditimbulkan, jagalah kebahagiaan orang lain, hormati hak-hak dan tanggung jawab orang lain. Sadarlah sepenuhnya terhadap tanggung jawab yang membawa banyak kehidupan baru ke dunia. Bermeditasilah tentang dunia ke dalam mana anda membawa orang-orang baru lahir.


By : Thich Nhat Hanh, Damai di Setiap Langkah.

No comments:

Post a Comment